Mahasiswa MD Tampilkan Pentas Seni “Indonesiaku yang Menggigil”

(Foto : Fauzana Aziza**)

gagasan-online.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah (MD), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau gelar kegiatan pentas seni bertajuk Fun Day with Art di halaman gedung fakultas. Salah satu penampilan drama musikalisasi puisi bertemakan “Indonesiaku yang Menggigil” berhasil menarik perhatian banyak mahasiswa, Sabtu (12/11/2016).

Syafrizal, pencetus tema drama musikalisasi puisi tersebut mengatakan drama tersebut bercerita tentang kehidupan orang pinggiran di Indonesia sehari-hari. Kehidupan orang miskin yang kian termarjinalkan di tengah pesatnya pembangunan di perkotaan.

Syafrizal mengatakan, adegan utama dimulai dari seorang pengemis, orang menderita dan wanita hamil dengan berbagai permasalahan hidup. Di tengah adegan diiringi pembacaan puisi. “Tujuan dari penampilan ini juga berhubungan dengan memperingati hari pahlawan,” ujar Syafrizal.

Pakaian yang mereka kenakan tergolong unik. Semua aktor dan aktris mengenakan kostum berwarna hitam. Mulai dari baju, rok, hingga jilbab. Selain itu, semua pemeran memakai lipstik hitam sehingga terlihat agak seram.

Salah satu dosen MD, Khairuddin berpendapat  isu sosial yang berkembang di tengah masyarakat menarik disampaikan melalui teater. “Menurut saya gaya anak muda mahasiswa memang seperti itu daripada terjebak dengan sifat arogan dan sombong. Lebih baik disampaikan melalui karya,” ujar Khairuddin.

Yanita Damayanti, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi berpendapat, penampilan tersebut sangat bagus. “Terlihat persiapan mereka sangat matang. Dari segi pakaian mereka terlihat totalitas sekali, begitu juga dengan gerakan mereka. Semangat  yang menggebu-gebu juga mencuri perhatian penonton,” jelasnya.

Penulis: Fauzana Aziza** dan Annisa Zahara Amalia**

www.gagasan-online.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.