Terlambat Membayar Karena Jaringan Offline

http://www.gagasan-online.com/2015/09/terlambat-membayar-karena-jaringan.html
gagasan-online.com : Sejumlah mahasiswa alpha study mempunyai alasan penyebab keterlambatan mereka dalam membayar kewajiban membayar uang kuliah. Mereka mengaku melakukan pembayaran sebelum masa pembayaran berakhir. Namun, sejumlah loket di Bank yang ditunjuk kampus sebagai mitra pembayaran uang kuliah mengalami gangguan jaringan.
Novi misalnya, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini mengaku akan melakukan pembayaran empat hari sebelum masa pembayaran berakhir. Namun, Bank BNI Syariah di daerahnya tidak melakukan koneksi ke jaringan kampus. Ia mengaku telah berulang kali datang ke beberapa Bank BNI Syariah lain di daerahnya namun tetap tak ada layanan jaringan ke pihak kampus. “Disuruh Teller Banknya coba lagi besok, berulang kali dicoba tetap tidak bisa, sampai terkhir dicoba tanggal 1 September tapi sudah lewat hatuh temponya, “katanya.
Novi bukan satu-satunya korban ketiadaan koneksi jaringan antara Bank Mitra dan Pihak Kampus. Sejumlah mahasiswa mempunyai kasus serupa. Menurut Rahmat, salah satu dari pendemo mengatakan banyak mahasiswa alpha studi yang tidak dapat membayar uang kuliah mereka karena jaringan offline di beberapa Bank di luar Kota Pekanbaru. “Itukan bukan kesalahan dari kami,”katanya.
Saat melakukan aksi di depan ruang senat, massa juga sampaikan hal tersebut kepada Wakil Rektor III yang menemui massa ketika itu. WR III Dr Tohirin berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka kepada pimpinan kampus lainnya.  “Saya akan sampaikan aspirasi adek-adek,”katanya.
Terkait jaringan antara kampus dan Bank mitra, Dr. Tohirin tidak memberikan penjelasan sikap kampus. Menurutnya hal tersebut bukan wewenangnya, namun ia menyarankan mahasiswa untuk segera membayar uang kuliah. “Jangan bayar dekat-dekat tanggal jatuh tempo, takutnya ada masalah seperti ini,”katanya.
Massa juga mengeluhkan sosialisasi yang kurang dari pihak kampus. Selain itu, mereka juga menyebut kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembayaran di awal masa pembayaran. “Informasinya baru tahu setalah masa pembayaran lama sudah berjalan, orang tua kami baru gajian di akhir bulan,”kata salah seorang pendemo yang menolak menyebutkan namanya.
Pihak kampus membuka masa pembayaran semester ganjil tahun ajaran 2015-2016 pada tanggal 1 hingga 30 Juli 2015. Pembayaran dilakukan dengan sistem Host to Host bekerja sama dengan sejumlah Bank Syariah. Ada tiga Bank yang ditunjuk kampus sebagai mitra yaitu Bank BNI Syariah, BRI Syariah dan Mandiri Syariah. (Hafiz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.