RiREC : Ini Solusi Mengatasi Krisis Minyak Mentah di Riau

Foto: Internet

gagasan-online.com Sejak harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi pembicaraan yang hangat, tingginya harga minyak menyebabkan pemerintah tingkatkan harga penjualan dipasar. Ketua Riau Renewable Energy Center (RiREC) Kunaifi menyampaikan, saat ini Riau mengalami krisis memproduksi minyak mentah.

“Jika hal ini terus berlanjut, minyak Riau akan Habis,” katanya saat dijumpai di Islamic Centre UIN Suska Riau, Jumat (29/5/2015) yang lalu.
Kunaifi mengatakan, untuk mengatasi permasalahan ini, masyarakat dapat menggunakan Biomassa sebagai energi terbarukan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Namun, pemerintah harus melakukan pengadaan terhadap tanaman yang memiliki lemak dalam membuat bahan bakar minyak terbarukan.
“Karena bahan produksinya harus banyak,” sebutnya. 
Provinsi Riau masih bisa menambah lahan untuk memproduksi tanaman yang dapat menghasilkan Biomassa. Untuk melakukan penggantian Biomassa terhadap penggunaan energi fosil, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “Butuh waktu lama yang sesuai dengan tahapan-tahapan yang ada ,” jelasnya.
Ia berharap seluruh elemen masyarakat mulai bergerak untuk melakukan perubahan dalam pemakaian energi fosil. Jika hal ini tidak dimulai dari sekarang, masyarakat dan pemerintah akan kewalahan jika nantinya bahan bakar fosil habis. (Hanif)



Editor: Ferdy


www.gagasan-online.com
Portal Warta Digital
LPM Gagasan UIN Suska Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.