Mahasiswa UIN Suska Riau Boyong Dua Medali Cabor Taekwondo Porpov X Riau 2022

Penulis : Indah Permata Sari *

Gagasanonline.com– Dua Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau boyong dua medali Cabang Olahraga (Cabor) Taekwondo pada kegiatan Porpov X Riau 2022 yang dilaksanakan di Kuantan Singingi.

Peraih medali emas, Ronitama Parsaulian Harahap mengatakan persiapan lomba Taekwondo dilakukan dengan menjalani Training Center, yaitu program pemusatan latihan yang dimulai sejak akhir 2021. “Kami sudah menjalani full training center dari setahun sebelum acara, dalam seminggu latihan dilakukan empat sampai lima kali,” kata Roni saat diwawancarai via WhatsApp, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: UIN Suska Riau Raih Penghargaan Perguruan Tinggi Responsif Gender

Roni menjelaskan dua minggu sebelum audisi digelar, latihan dilakukan tiga kali sehari. Tiga hari sebelum hari keberangkatan ke Kuansing, latihan bahkan dilaksanakan dari pagi hingga malam.

“Kami latihan full, sesampainya di Kuansing kami latihan penyesuaian di atas matras,” ujarnya.

Saat mengikuti perlombaan, Roni mengaku kurang pertahanan sehingga sikap kuda-kuda jurus pertama menjadi goyang. Namun dengan usaha keras, pada jurus kedua akhirnya memperoleh nilai di atas peserta lain.

“Kuda-kuda saya waktu di jurus pertama goyang, sampai saya hampir nangis di tengah matras,” ucapnya.

Baca juga: Tidak Adanya Klinik Mengharuskan Mahasiswa Berobat Mandiri Di Luar Kampus

Serupa dengan Roni, Peraih medali perunggu, Rahma Nathasya Nasution mengungkapkan persiapan yang dilakukan lebih kurang sepuluh hari dengan menghafalkan jurus yang ada di taekwondo.

“Menghafalkan jurus poomsae, melakukan stretching dan kelenturan seperti split,” jelasnya.

Nathasya mengaku tidak ada kendala yang berarti ditengah pertandingan. Ia mengatakan hanya perlu menguasai jurus yang ada di taekwondo.

“Awalnya saya sempat mengalami kesulitan dalam menghafal jurus,” tambahnya.

Mereka berharap bisa terus berprestasi dan masuk ke jenjang yang lebih tinggi seperti Pekan Olahraga Nasional (PON). “Bisa ikut PON terus dapat medali juga di PON,” pungkasnya.

Reporter : Indah Permata Sari*
Editor: Khumar Mahendra
Foto: Dok.Gagasan/ Indah Pertama Sari*


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.