5 Tips Jitu Mencari Judul Skripsi Menarik dan Cepat di ACC Dosen Pembimbing

Penulis: Ainul Hikmah

Gagasanonline.com – Skripsi merupakan salah satu faktor penentu akhir bagi kelulusan mahasiswa strata satu (S1) untuk menyelesaikan studi supaya meraih gelar sarjana. Namun, seringkali mahasiswa tingkat akhir mengalami kesulitan untuk menentukan judul skripsinya. Sehingga tak sedikit yang menghabiskan waktunya cukup lama di akhir periode kuliah ini.

Dengan proses pengerjaan skripsi yang memerlukan waktu tak sedikit. Sangat diperlukan untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar dapat mempersingkat waktu, sehingga bisa segera menyelesaikan skripsi dan lulus di waktu yang diharapkan.

Untuk mempersingkat waktu pengerjaan skripsi tersebut, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan judul skripsi. Kamu tentu tak ingin berlama-lama terjebak dalam kebingungan mencari judul skripsi ini, bukan? Dan bila itu terjadi akan memakan waktu yang memperlambat kelulusanmu.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber beberapa tips jitu mencari judul skripsi menarik dan cepat di ACC dosen pembimbing:

1.Pikirkan materi kliah menarik yang sudah dipelajari sebelumnya

Mengutip laman widyakarya.ac.id, penentuan judul skripsi akan memengaruhi proses pengerjaannya hingga akhir. Bila kamu tak ingin merasa kesulitan untuk menyelesaikan skripsimu hingga akhir, sangat disarankan untuk memilih judul skripsi yang sesuai dengan minat dan materi yang sudah kamu pelajari dan kuasai sebelumnya.

2. Rajin ke perpustakaan membaca skripsi terdahulu

Luangkan waktumu untuk pergi ke perpustakaan membaca skripsi dari alumni terdahulu. Selain akan mendapatkan inspirasi judul skripsi yang menarik, tak menutup kemungkinan kamu dapat memilih untuk mengembangkan judul skripsi yang sudah pernah ada.

3. Mintalah masukan dari kating yang telah berhasil menyelesaikan skripsinya

Jangan sia-siakan kesempatan jika dapat berdiskusi dengan kakak tingkat atau kating terkait skripsimu. Hal ini akan membuka peluang untuk melakukan penelitian lanjutan. Terlebih, pengerjaan skripsi kating bakal disertai dengan batasan masalah. Kamu pun bisa memanfaatkan peluang untuk melanjutkan penelitian mereka.

4. Diskusikan ide-ide cemerlangmu kepada dosen pembimbing

Berdiskusi kepada dosen pembimbing merupakan faktor yang sangat penting dalam proses memulai maupun mengerjakan skripsi. Tentunya jangan bermalas-malasan untuk melakukan bimbingan. Diskusikan kepada pembimbing semua kendala yang terjadi untuk melakukan pengerjaan skripsi. Salah satunya, bila kamu memiliki banyak pilihan judul skripsi, tapi kamu masih bingung untuk memilih judul skripsi yang cocok untuk dikembangkan.

5. Perbanyak membaca jurnal

Langkah selanjutnya, kamu perlu mengalokasikan banyak waktu untuk membaca jurnal guna memperluas wawasan. Mengutip laman onlinelearning.binus.ac.id, membaca jurnal lama merupakan sarana untuk mengembangkan penelitian sebelumnya sehingga menjadi judul skripsi baru yang menarik. Dengan demikian kamu akan mendapatkan problem yang perlu diselesaikan dan menjadikannya judul skripsi dari jurnal yang kamu baca tersebut.

Itulah 5 tips jitu mencari judul skripsi menarik dan cepat di ACC dosen pembimbing yang dapat kamu praktikkan. Semoga berhasil.

Editor: Kakak Indra Purnama
Foto:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.