Pengertian Bulan Syakban dan Keistimewaannya

Penulis: Syarul Barokah**

Gagasanonline.com – Bulan Syakban merupakan bulan yang terletak setelah bulan Rajab dan sebelum bulan Ramadan. Syakban berasal dari kata Syi’ib yang artinya berkelompok. Mengutip dari Islami.co, pada zaman dulu orang-orang Arab, mereka berpencar dan kembali ke kelompok (suku) masing-masing di bulan Syakban, lalu di bulan Rajab mereka berdiam diri di rumah karena diharamkan berperang.

Mengutip dari Muslim.or.id, banyak sekali keutamaan di bulan Syakban. Bahkan ada beberapa ibadah yang dilakukan Rasulullah SAW pada bulan ini, seperti memperbanyak melakukan puasa sebagai persiapan menghadapi bulan Ramadan.

Rasulullah SAW menyebutkan hal itu di dalam hadits berikut ini:

Dari Usamah bin Zaid berkata, saya bertanya, “Wahai Rasulullah SAW, saya tidak melihat engkau puasa di suatu bulan lebih banyak melebihi bulan Syakban.” Rasulullah menjawab, “Bulan tersebut banyak dilalaikan manusia, antara Rajab dan Ramadan, yaitu bulan diangkat amal-amal kepada Rabb alam semesta, maka saya suka amal saya diangkat sedang saya dalam kondisi puasa,” (HR Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’I, dan Ibnu Huzaimah).

Keistimewaan bulan Syakban

1. Tanda mendekati bulan Ramadan

Pada bulan Syakban tentunya mendekati Ramadhan, sekaligus menjadi tanda untuk umat Muslim agar mempersiapkan diri. Dianjurkan pada bulan Syakban berpuasa sunnah dan mengganti puasa Ramadan tahun kemaren.

2. Dipindahkannya arah kiblat

Peristiwa yang kita ingat di bulan Syakban adalah perpindahan arah kiblat shalat. Sebagaimana perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an:

“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering mengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah  wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu.” (QS Al- Baqarah ayat 144).

3. Malam nisfu Syakban

Pada bulan Syakban juga Allah SWT membuka pintu ampunan bagi manusia. Maka, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir.

Selain itu, bulan Syakban juga masih ada kaitannya dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. Demikian penjelasan pengertian dan keistimewaan bulan Syakban.

Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.