3 Cara Mencegah Kekerasan Seksual yang Perlu Diketahui

Penulis: Syarul Barokah**

Gagasanonline.com – Saat ini banyak terjadi kasus kekerasan seksual, terutama pada perempuan. Menurut badan kesehatan dunia (WHO), kekerasan seksual adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan menargetkan seksualitas atau organ seksual seseorang secara paksa dan mengancam, serta tanpa adanya persetujuan.

Beberapa pihak dan penyintas telah berani mengungkapkan kasus kekerasan seksual ke publik. Namun, beberapa lainnya lebih memilih bungkam karena berbagai alasan.

Kekerasan seksual harus dicegah sedari mungkin. Apalagi tindakan ini sering terjadi, baik di tempat umum maupun tempat sepi. Seringkali para pelaku memanfaatkan kelengahan orang lain untuk melakukan kekerasan seksual.

Untuk itu, kasus ini bisa dicegah dengan kerjasama antarpihak dan memperkuat hak asasi manusia. Namun, perlu diketahui pencegahan juga bisa kita lakukan dengan beberapa cara berikut.

1. Melaporkan ke pihak berwajib

Jika kamu sedang mengalami atau melihat adanya tindak kekerasan dan pelecehan seksual, maka kamu harus cepat melaporkan ke pihak berwajib agar bisa segera di proses

2. Bekali diri dengan kemampuan bela diri

Bela diri sebetulnya menjadi anjuran bagi setiap orang. Apalagi saat berada di situasi genting, misalnya mengalami kekerasan seksual. Dengan bela diri, kita bisa melakukan perlawanan terhadap pelaku.

3. Hindari bepergian dengan orang baru dikenal

Hindari bepergin dengan orang yang baru kamu kenal. Apalagi hanya kenal lewat media sosial. Ini besar kemungkinan bisa terjadi kekerasan seksual terhadapmu.

Mengurangi risiko terjadinya kekerasan seksual memang tidak mudah. Diperlukan kesadaran semua pihak agar bisa mencegah terjadinya tindak kekerasan seksual. Itulah penjelasan mengenai pencegahan kekerasan seksual yang perlu dikethui.

Editor: Kakak Indra Purnama
Foto: Suara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.