Dosen UIN Suska Riau Rado Yendra Dianugerahi Piagam Rekor MURI

Penulis: Hendrik Khoirul Muhid

Gagasanonline.com – Dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Dr. Rado Yendra, S.Si, M.Sc mendapat anugerah Piagam Rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) pada Senin, 18 Oktober 2021, sebagai “Dosen yang Memiliki Situs Web dengan Video Kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi Terbanyak”. Penganugerahan tersebut diberikan kepada Dr. Rado berkat inovasinya memaksimalkan peranan website untuk melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi selama Pandemi Covid-19.

Melansir dari laman uin-suska.ac.id, Piagam Rekor MURI dengan nomor 10056/R.MURI/X/2021 merupakan bukti nyata bahwa Perguruan Tinggi dilingkungan Kementerian Agama siap untuk menyambut perkuliahan dengan sistem digital. Penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia telah menyebabkan berbagai aktivitas menjadi terkendala, termasuk di bidang pendidikan. Penggunaan media sosial merupakan akses utama yang dapat menjamin proses belajar dan mengajar serta aktivitas akademik lainnya dapat berjalan dengan baik.

Media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Twitter, dan Blog menjadi tumpuan untuk melakukan berbagai kegiatan akademik oleh semua tingkatan institusi pendidikan selama Pandemi Covid-19. Namun ternyata dalam praktiknya ternyata tidak sedikit ditemukan berbagai kendala dan kekurangan. Interaksi yang baik antara pengajar dan peserta didik tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga kontrol dan pengawasan atas pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran tidak berfungsi dengan baik. Belum lagi masalah kuota internet yang sering dialami dalam proses pembelajaran menggunakan media sosial.

Musim pandemi Covid-19 menyebabkan tridharma perguruan tinggi menjadi sulit untuk dilaksanakan. Oleh karenanya, diperlukan suatu upaya untuk mengelola semua aktivitas dosen dalam melakukan tridharma perguruan tinggi ke dalam suatu wadah, baik media sosial maupun media online lainnya, agar dapat dikelola dengan baik dan dapat dibaca atau dipahami oleh orang lain baik mahasiswa maupun stake holder lainnya tanpa terkendala tempat, waktu maupun biaya yang besar.

Melalui wadah Blog atau situs Website pribadi, dengan nama www.radoinstitute.com, Dr. Rado berhasil dimaksimalkan penggunaannya sehingga dapat menampung semua kegiatan yang mendukung tridharma perguruan tinggi. Dalam website pribadinya, Dr. Rado membuta 5 konten (menu) yaitu Bahan Ajar, Praktikum, Pengabdian Masyarakat, Bedah Riset Artikel dan Tanya Jawab. Lima konten tersebut disajikan dalam bentuk audio visual atau video.

Editor: Wulan Rahma Fanni
Sumber Foto: uin-suska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.