Laksanakan Kegiatan KKL Secara Langsung, Mahasiswa Harapkan Jurusan Semakin Maju ke Depannya

Laksanakan Kegiatan KKL Secara Langsung, Mahasiswa Harapkan Jurusan Semakin Maju ke Depannya

Penulis    : Sabar Aliansyah Panjaitan


Gagasanonline.com– Mahasiswa program studi Pendidikan Geografi UIN Suska Riau laksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL).  Kegiatan ini  memberangkatkan dua angkatan yaitu angkatan 2019 dan angkatan 2020 di Hutan Larangan Adat Kenegerian Rumbio yang berlokasi Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada Jum’at, 24-26 September 2021.

Salah satu dosen pengampu program KKL, Fatmawati mengungkapkan bahwasanya pelaksanaan program KKL di jurusan Pendidikan Geografi merupakan mata kuliah wajib yang termasuk dalam salah satu SKS sehingga kegiatan tersebut harus diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Geografi.

“Pelaksanaan program KKL di jurusan Pendidikan geografi merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa,” ungkap Fatmawati saat ditemui langsung sebelum keberangkatan.

Baca: UIN Suska Riau Tempati Posisi Ke–8 Pada Ajang PKM II PTKIN se-Sumatera

Selain itu, Fatmawati juga menambahkan bahwasanya program KKL ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh jurusan, sebab jurusan Pendidikan Geografi sendiri merupakan jurusan baru di UIN Suska Riau dan baru memiliki 4 angkatan yaitu angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kuliatas keilmuan dari mahasiswanya program studi Pendidikan Geografi tidak hanya belajar tentang teori saja, namum akan dibarengi dengan peraktek lapaangan.  Setidaknya praktik lapangan dilaksanakan 2 kali setiap angkatan yaitu ketika duduk di semester 4 untuk KKL fisik dan semester 6 untuk KKL sosial masa perkuliahan.

“Kalau dia KKL fisik mahasiswa akan dilatih berhadapan langsung dengan alam dan melihat alam secara jelas mulai dari bagaimana itu fropil sungai seperti aliran, pencemarannya dan pemanfaatan sungai bagi masyarakat setempat. Sedangkan untuk yang bidang sosial para mahasiswa nantinya akan terjun ke masyarakat dan mewawancarai masyarakatnya mengenai sosial budaya,” papar Fatmawati.

Baca: Vaksinasi Masal di UIN Suska, Darul Khutni: 770 Orang yang Mendaftar

Oleh karena itu, dengan adanya program KKL tersebut Fatmawati berharap mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan dengan berhadapan langsung dengan alam dan juga masyarakat.

“Semoga nanti dengan adanya teori dan dibarengi dengan peraktek jadi ilmunya menjadi mantaplah” ujar Fatmawati.

Sejalan dengan itu, Mahasiswi Jurusan Pendidikan Geografi angkatan 2020 Ikbal Julhaj dan Ardan Desla juga memiliki harapan yang sama yaitu agar jurusan Pendidikan Geografi kedepannya lebih maju lagi dan mahasiswanya semakin banyak.

 

Reporter : Sabar Aliansyah, Wulan Rahma Fanny
Editor      : Wilda Hasanah
Foto          : Dok. Gagasan/Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.