Formadiksi Pertanyakan Keterlambatan Pencairan Dana Beasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Suska

Formadiksi Pertanyakan Keterlambatan Pencairan Dana Beasiswa Bidikmisi dan KIP-K UIN Suska

Penulis: Septi Khairani Fitri**

Gagasanonline.com- Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) UIN Suska Riau pertanyakan alasan kampus belum juga mencairkan dana beasiswa Bidikmisi dan KIP-K hingga saat ini. Ketua Umum Formadiksi, Muhammad Afrian Danu sangat menyayangkan lamanya pencairan dana, padahal tanggal pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) sudah ditetapkan.

“Sangat menyayangkan terkait lamanya pencairan beasiswa Bidikmisi dan KIP-K, karena telah keluarnya surat edaran pembayaran UKT, namun belum ada kejelasan kapan pencairan dilaksanakan,” tuturnya melalui telepon WhatsApp pada Kamis (15/07/2021).

Danu mengatakan, setelah melakukan survei, ia menemukan bahwasannya di seluruh PTKIN dana beasiswa Bidikmisi dan KIP-K sudah dicairkan. Menurut Dani, UIN Suska mustinya sesegera mungkin mencairkan dana beasiswa, karena sangat diperlukan mahasiswa untuk membayar UKT, maupun keperluan KKN dan PKL.

Baca juga: HMJ HTNS Rayakan Milad Pertama Kalinya Sejak Dibentuk Pada 1996

“Kenapa kendala lambatnya pencairan selalu disebabkan LPJ, penggunaan sistem upload LPJ dengan aplikasi juga belum dilakukan dengan matang dan maksimal,” ucapnya.

Jay selaku staf keuangan UIN Suska menjelaskan, keterlambatan pencairan beasiswa 2021 di karenakan adanya migrasi naik biling, dan pengaruh berpindahnya BNI dan BRI Syariah menjadi BSI.

“Adanya kendala dalam migrasi, yang mana adanya tes untuk mereka naik biling. Pada proses itulah adanya keterlambatan,” tuturnya.

Baca juga: Tanggapi Delapan Permasalahan Kampus, Dema Fakultas Se-Lingkungan UIN Suska Minta Rektorat Buka Audiensi

Saat dikonfirmasi ke Kasubag Kemahasiswaan, Hanna Mairita mengatakan, pencairan beasiswa mengalami kendala pada kurang lengkapnya LPJ. Selain itu, harus adanya pengecekan pada IP dan IPK mahasiswa yang dibuktikan dengan KHS dan proses surat menyurat di fakultas.

“Pengiriman pengganti beasiswa, dan pesyaratan yang lama dari masing-masing fakultas. Padahal surat kita sudah lama disampaikan ke fakultas, dan adanya kendala teknis lain, pandemi covid dan pergantian pimpinan. Saat ini kami juga sedang melakukan proses pencairan dana beasiswa ini,” ujarnya, Sabtu (17/07/2021).

Reporter: Septi Khairani Fitri**, Arbi Darmawan**
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Galu Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.