Gelar Forum Warga, Bawaslu Riau Ajak Masyarakat Berpartisipasi Awasi Pemilu

Gagasanonline.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) adakan kegiatan forum warga sosialisasi pengawasan penyelenggaraan Pemilu di tiga titik di Provinsi Riau. Hal itu demi terwujudnya pengawasan Pemilu yang sukses. Berlangsung dari 8 hingga 10 November 2023.

Kegiatan ini diinisiasi langsung oleh Bawaslu dengan melibatkan berbagai kalangan masyarakat di Provinsi Riau. Yakni dengan mengundang organisasi masyarakat, mahasiswa, media pers, nelayan, petani dan pemilih pemula.

Anggota Bawaslu Riau Indra Khalid mengatakan kegiatan forum warga ini merupakan ajang untuk menyapa masyarakat melalui pengawasan partisipatif.

“Forum warga ini merupakan program Bawaslu untuk menyapa rakyat sekaligus mengajak kita semua untuk ikut berpartisipasi bersama-sama dalam mengawasi setiap tahapan Pemilu,”

“Karena pada dasarnya Pemilu ini adalah pesta rakyat, pesta kota bersama yang mesti kita jaga bersama-sama martabatnya agar tidak diganggu oleh pihak-pihak perusak demokrasi,” tambah Indra.

Tenaga Ahli Bawaslu Arif Rahman menambahkan bahwa partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengawasan Pemilu. Peserta Pemilu, kader dan tim suksesnya terlalu banyak untuk diawasi oleh Bawaslu saja.

“Oleh sebab itu membutuhkan bantuan masyarakat agar dapat menegakkan keadilan Pemilu bersama dengan Bawaslu,” ucapnya.

Kegiatan tersebut disambut positif oleh masyarakat yang hadir. Hal ini ditandai dengan aktifnya peserta dalam berdiskusi dan memberikan pertanyaan seputar Pemilu di Provinsi Riau.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari pegiat Pemilu yaitu Dian Permata dan I Wayan Widyardana Putra. (Rilis)

Editor: Annisatul Fathonah
Foto: Dok. Bawaslu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.