Mahasiswa UIN Suska Riau Raih Juara Pertama Lomba Essay di Universitas Gunung Rinjani

Penulis: Fira Wahyuni Putri

Gagasanonline.com – Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir UIN Suska Riau, meraih kemenangan dalam perlombaan Mandalika Essay Competition (MEC) III. Lomba tersebut diselenggarakan di Universitas Gunung Rinjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 16-17 September 2023.

Perlombaan diikuti oleh tim yang terdiri dari tiga mahasiswa yaitu, Nala Haifa Basma, Umil Khoiri, dan Aulul Azmi. Mereka meraih juara I Lomba essay tingkat nasional dibidang lingkungan dan memperoleh medali emas, harapan III diseluruh bidang, dan favorit poster.

Salah satu mahasiswa, Nala Haifa Basma mengatakan dalam lomba itu, mereka mengangkat judul “Pemanfaatan sabut kelapa menjadi jok motor sebagai solusi meminimalisir limbah sampah di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau”.

Nala mengungkapkan, alasan mengangkat judul tersebut ialah supaya masyarakat menyadari bahwa sabut kelapa mempunyai potensi yang berharga jika diolah dengan kreatif, salah satunya menjadi bahan baku jok motor.

“Kami menyadari bahwasanya limbah sabut di Indragiri Hilir menjadi persoalan yang cukup pelik karna masyarakat disana tidak mengelola secara optimal sabut kelapa ini dan hanya berfokus kepada kelapa bulat,” ungkapnya saat diwawancarai via WhatsApp, Sabtu (21/10/2023).

Terkait kendala, Nala mengaku mengalami kesulitan terkait biaya registrasi. Pihak kampus hanya menanggung tiket pulang pergi. Untuk keperluan lainnya seperti makan, penginapan, dan lain-lain itu ditanggung pribadi.

“Ketika pengumuman lolos, kami mengajukan proposal dan alhamdulilah diterima oleh pihak UIN tiket PP dan kami terkendala pada biaya registrasi,” jelasnya.

Selanjutnya, Nala mengatakan tujuan mengikuti lomba ini adalah untuk melatih skill, mendapatkan pengalaman dan relasi. Selain itu, ia juga banyak mencoba bidang-bidang lain untuk mengetahui dimana bakatnya dan berusaha untuk mengembangkan bakat tersebut.

“Tujuan lainnya tanpa kita sadari kita mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan menambah relasi,” katanya.

Nala berharap kepada semua yang membaca essay dan dirinya pribadi untuk terus selalu mencoba dan mengambil semua peluang yang ada didepan mata. Serta harus semangat dalam mencari pengalaman, jati diri, maupun semangat dalam mencoba hal apapun.

“Kepada semua yang membaca tulisan tersebut, khususnya kepada diri saya untuk terus selalu mencoba dan mengambil semua peluang yang ada didepan mata,” tutupnya.

Reporter: Fira Wahyuni Putri
Editor: Sefrizel Rahayu
Foto: dock. Nala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.