87 Persen Mahasiswa Merasa Salah Jurusan? Ini Cara Supaya Bisa Menikmati Masa Kuliah Apabila Salah Jurusan

Penulis: Alhamda Putri**

Gagasanonline.com – Ketika memasuki perguruan tinggi, mahasiswa memiliki harapan besar untuk mengejar jurusan yang sesuai dengan minat dan ambisi mereka. Namun, realitasnya seringkali berbeda. Banyak mahasiswa yang pada suatu titik merasa bahwa mereka telah salah jurusan. Fenomena ini merupakan masalah serius yang mempengaruhi kesejahteraan mahasiswa, kualitas pendidikan, dan masa depan karier mereka.

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal sembarangan karena memerlukan pertimbangan sesuai minat, bakat, dan pandangan di masa depan.

Menurut Irene Guntur, psikolog pendidikan dari Integrity Development Flexibility (IDF), 87 persen mahasiswa yang salah jurusan ini diakibatkan oleh berbagai alasan. Entah itu ikut ikutan teman, kebanyakan menerima saran akhirnya terburu-buru memilih jurusan, dan tuntutan orang tua.

Salah memilih jurusan bisa menjadi hal yang fatal, dimana kita akan kehilangan minat terhadap materi kuliah yang diajarkan. Akibatnya, kita akan merasa malas kuliah, entah itu saat masuk kelas, mengerjakan tugas, atau segala keperluan kuliah lainnya, dan hal tersebut akan membuat kuliah semakin sulit.

Merasa salah jurusan saat kuliah memang rasanya sangat menyakitkan. Namun, tenang karena ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa bangkit dan mencapai kesuksesan antara lain:

  1. Coba menikmati proses perkuliahan
    Tidak mudah rasanya memaksakan diri untuk bisa belajar hal yang tidak disukai. Tapi cobalah untuk menikmati proses perkuliahan dengan melihat hal menarik yang mungkin selama ini tidak kamu sadari
  2. Ikut kursus
    Salah jurusan bukan berarti kamu gak bisa menggapai impianmu yang sebenarnya kok. Karena kamu tetap bisa belajar hal yang kamu sukai dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Misalnya saja jika kamu terpaksa masuk jurusan ekonomi dan bisnis, padahal kamu memiliki minat yang tinggi di bidang content writer, kamu bisa mengambil kursus untuk menjadi content writer. Jadi tidak menutup kemungkinan nantinya setelah lulus kuliah, kamu justru bisa bekerja di perusahaan impian yang bidangnya tidak sama dengan jurusan saat kuliah.
  3. Ikut UKM yang sesuai dengan passion
    salah satu UKM ada yang sesuai dengan minat, segera ikuti UKM tersebut ya. Saat ini ada berbagai jenis Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang bisa kamu ikuti dan tidak menutup kemungkinan salah satu UKM yang ada di kampus sesuai dengan passion atau minat kamu selama ini. Jadi, kalau ternyata
    Karena selain bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan, mengikuti UKM yang sesuai dengan passion juga bisa meningkatkan semangat belajarmu saat kuliah. Untuk beberapa mahasiswa, mengikuti UKM juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres atau jenuh di tengah padatnya jadwal perkuliahan.
  4. Terus belajar
    Ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah ini bisa kamu praktikkan saat merasa salah jurusan, caranya dengan terus belajar mengenai materi perkuliahan. Siapa tahu lambat laun kamu malah akan sangat menyukai jurusan kuliah yang sedang dijalani melebihi jurusan kuliah impian dahulu.
  5. Cari tahu prospek kerja
    Mencari tahu prospek kerja juga merupakan salah satu hal yang wajib kamu lakukan saat merasa salah jurusan kuliah. Karena tidak menutup kemungkinan prospek kerja di jurusan kuliah kamu yang sekarang ternyata sejalan dengan jurusan impian. Misalnya saja saat kamu ingin masuk jurusan sastra, tapi secara terpaksa atau tidak sengaja masuk jurusan akuntansi maka ketika lulus nanti kamu bisa menjadi penulis di bidang keuangan. Jadi, ilmu yang kamu pelajari selama kuliah tetap bisa digunakan.
  6. Jangan mudah menyerah
    IPK kamu rendah karena merasa tidak bisa mengikuti proses perkuliahan dengan baik? Jangan menyerah teruslah berusaha dan belajar sekuat tenaga. Karena lambat laun nilai kamu di perkuliahan pasti akan membaik.
  7. Ambil sisi positifnya
    Lihat pengalaman anda dalam jurusan saat ini sebagai pembelajaran berharga. Terkadang, tantangan dapat memperkuat dan memberi wawasan yang lebih baik tentang apa yang diinginkan.
  8. Jalani dengan Semangat
    Tetapkan tujuan yang realistis dan kerjakan dengan semangat yang tinggi. Jika mahasiswa merasa termotivasi dan berkomitmen untuk mencapai kesuksesan, mahasiswa akan memiliki peluang yang baik untuk mencapai tujuan.
  9. Eksplorasi Minat Baru
    Cobalah untuk mengambil mata kuliah tambahan atau mendaftar dalam program pelatihan pendek yang berhubungan dengan minat baru mahasiswa. Ini dapat membantu mahasiswa mengidentifikasi apakah minat tersebut benar-benar sesuai dengannya.

Penting bagi mahasiswa untuk ingat bahwa salah jurusan bukanlah akhir dari dunia. Dengan dorongan yang tepat, dukungan, dan tindakan bijak, mereka dapat menemukan jalan untuk mencapai tujuan pendidikan dan karier yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka. Kesalahan dalam memilih jurusan dapat menjadi pelajaran berharga dalam perjalanan pendidikan dan perkembangan diri.

Semoga Bisa Membantu!!

Editor: Fira Wahyuni Putri

Foto: Shutterstock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.