Pengenalan di PBAK, Pengaruhi Rekruitmen Anggota UKK/UKM

Penulis: Fira Wahyuni

Gagasanonline.com – Sejumlah Organisasi Mahasiswa (Ormawa) memberikan tanggapan ihwal pengenalan organisasi dalam agenda Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023. Menurut mereka, pengenalan organisasi merupakan agenda penting dan mempengaruhi rekruitmen anggota Unit Kegiatan Kampus dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK/UKM).

Wakil Ketua Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Siti Nurhaliza mengaku, pengenalan tersebut berpengaruh untuk rekruitmen tiap ormawa. Pasalnya dengan adanya perkenalan dapat membuat mahasiswa baru (maba) tertarik untuk bergabung.

“Hal itu juga dapat membuat ormawa lebih kompak dan komunikasinya pun semakin baik,” ucapnya via WhatsApp, Kamis (24/8/2023).

Senada Siti, Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) Ilham Habibi mengatakan dengan adanya pengenalan UKK/UKM sangat berpengaruh terhadap regenerasi dalam persiapan open rekruitmennya.

“Dan juga perkenalan ini merupakan wujud dari kekompakan UKK/UKM dan lebih banyak lagi rencana yang ingin kami wujudkan,” ungkapnya.

Menurut Ilham, pengenalan ormawa pada PBAK 2023 sudah lebih bagus dan menarik dari sebelumnya. Serta panitia pelaksanaanya telah memperhatikan eksistensi ormawa.

“Sudah ada perkembangan inovasinya, selain itu dalam PBAK tersebut panitia pelaksananya sedikit banyaknya sudah memperhatikan eksistensi ormawa khususnya UKK/UKM,” pungkasnya.

Baca: Beberapa Ormawa Kecewa Lantaran Tak Dapat Perkenalan Organisasi di Hari Pertama PBAK

Sementara itu, Ketua Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Sherly Dwi Fanny, berharap dengan adanya pengenalan tersebut dapat membantu ormawa mencari anggota baru. Pasalnya, menurut Sherly minat mahasiswa dalam berorganisasi kurang.

“Mengingat minat mahasiswa masuk ke organisasi itu sedikit semoga tetap ada mahasiswa yg ingin bergabung di organisasi UKK/UKM,” katanya.

Ketua Koperasi Mahasiswa (Kopma) Rahmadani Ilham mengatakan PBAK merupakan salah satu moment memperkenalkan UKK/UKM kepada maba. Menurutnya dengan adanya pengenalan ini berpengaruh pada kekompakan UKK/UKM.

“Mahasiswa baru itu fokus terhadap apa yang dilihat jadi pas perkenalkan UKK/UKM kita pasti ada salah satu atau beberapa orang yg tertarik,” ucapnya.

Selain itu Rahmadani juga menjelaskan kegiatan PBAK tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Namun sayangnya waktu yang diberikan untuk pengenalan ormawa tidak banyak.

“Sedikit lebih baik dari tahun kemarin walaupun tidak terlalu banyak waktu di tahun ini untuk perkenalannya,” pungkasnya.

Reporter: Fira Wahyuni Putri
Editor: Annisatul Fathonah
Foto: Tangkapan Layar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.