Mahasiswa Psikologi Menangkan Berbagai Lomba dalam IPCOM IV 2023 di Bandung

Penulis: Ristiara Putri Hariati

Gagasanonline.com – Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau berhasil membawa pulang 18 trofi dan meraih juara satu dalam 6 cabang perlombaan, pada kegiatan Awarding Islamic Psycology Competition (IPCOM) IV 2023. Kegiatan ini diselenggarakan di Bandung pada 12 sampai 13 Mei 2023.

IPCOM merupakan ajang perlombaan tahunan yang melibatkan 7 universitas di Indonesia, yaitu UIN Sunan Gunung Djati, UIN Raden Fatah, Universitas Islam Riau, UIN Suska Riau, UIN Imam Bonjol Padang, Universitas Muhammadiyah Bandung, dan Universitas Islam Bandung.

Dosen Pembimbing Mahasiswa UIN Suska, Elyusra Ulfah mengungkapkan secara garis besar terdapat dua ajang perlombaan ilmiah dan non- ilmiah.

“Seperti esai, proposal, debat, paper, dan cerdas cermat. Sedangkan yang non-ilmiah meliputi lagu religi, dakwah, qira’ah, tahfizd, cerita pendek islami, poster dan fotografi,” katanya ketika diwawancarai di ruangannya, Senin (15/5/23).

Dari 62 mahasiswa yang mengikuti perlombaan, 21 diantaranya memenangkan kompetisi itu. Namun karena keterbatasan biaya, keberangkatan ke Bandung hanya diwakilkan 12 orang mahasiswa dan satu dosen pembimbing.

Wakil Dekan (WD) III Psikologi, Yuslenita Muda menjelaskan biaya akomodasi diberi oleh pihak rektorat, dan kekurangannya ditutup oleh fakultas. 

“Syarat dari rektorat untuk mendapat biaya tersebut adalah sudah juara jadi kita ajukan proposal. Kemudian disetujui oleh rektorat, dan kekurangannya ditutup oleh fakultas,” ujarnya.

Dikatakan Yuslenita, UIN Suska Riau akan menjadi tuan rumah IPCOM V pada tahun depan. “Ini tahun ke empat acara IPCOM dan tahun kelima nanti kita akan menjadi tuan rumah,” pungkasnya.

Reporter: Annisatul Fathonah

Editor: Widi Anggraini Putri

Foto: Annisatul Fathonah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.