Mengenal Mawar Hitam, Bunga Elegan yang Melambangkan Kebencian

Penulis: Kakak Indra Purnama

Gagasanonline.com – Mawar merupakan salah satu bunga indah yang paling dicintai dan populer di dunia. Bunga mawar memiliki pilihan warna beragam. Salah satu yang paling unik adalah mawar hitam.

Secara ilmiah, pigmentasi hitam pada tumbuhan sangat jarang, bahkan tidak mungkin terjadi. Pigmentasi pun hanya ada pada kultivar tanaman hortikultura.

Mengutip florgeous.com, mawar hitam hanya dapat diproduksi dengan menundukkan tanaman mawar tertentu untuk program pemuliaan dan teknik perbanyakan, tapi ini tak bisa membuat mawar hitam berwarna sempurna.

Biasanya orang mengambilnya dari mawar berwarna merah tua atau ungu tua. Warnanya bisa dipekatkan dengan merendam bunga mawar dalam vas berisi air dan campuran tinta hitam. Metode pewarnaan ini dapat digunakan dalam warna mawar apa pun, tapi perlu beberapa hari hingga mawar benar-benar menghitam.

Ada juga cara lain untuk menghitamkan bunga mawar, salah satu  dengan cara dibakar. Insinyur genetika juga saat ini berusaha untuk mengembangkan benih untuk menumbuhkan mawar hitam alami.

Mawar hitam memberi Anda kesan misterius dan elegan. Ini menyenangkan secara visual dan dapat menciptakan elemen dekorasi bertema gothic di kamar atau taman. Namun, karena mawar merah digunakan untuk ekspresi cinta, mawar ini juga memiliki makna dan simbolisme. Tak hanya dalam hubungan, tapi juga dalam gerakan politik, seni dan sastra, serta budaya pop.

Arti dan simbolisme mawar hitam

Mengutip Flower Advisor, pada awal Era Victoria terdapat simbol populer yang disebut ‘Bahasa Bunga’ atau floriografi. Ini cara untuk mengirim pesan melalui bunga. Dalam simbol ini, mawar hitam melambangkan bahaya, kematian, perpisahan, dan kebencian.

Ada sejarah bunga mawar pernah digunakan oleh mafia untuk mengirimkan ancaman pembunuhan. Secara bergantian, itu juga berarti peremajaan, kelahiran kembali, awal dari perubahan drastis, dan pengabdian murni. Namun, setelah florografi memudar, makna dan simbolisme mawar hitam semacam ini terus digunakan dalam karya fiksi.

Dalam gerakan politik, mawar hitam adalah simbol anarkisme, tapi jarang digunakan. Simbolisme ini dimulai pada 1970-an ketika ada jurnal gagasan anarkis yang disegani berjudul The Black Rose. Jurnal ini diterbitkan di Boston dan juga menjadi nama seri kuliah anarkis pada 1990-an.

Lalu ada Black Rose Books, toko buku anarkis terkemuka di Montreal yang dipimpin oleh filsuf anarkis Dimitrios Roussopoulos. Akhir-akhir ini, itu telah menjadi simbol Federasi Anarkis Mawar Hitam yang didirikan pada 2014 di Amerika Serikat.

Dalam seni, sastra, dan budaya pop, mawar hitam juga digunakan dalam banyak karya sebagai simbol berbagai hal. Tapi sebagian besar makna mawar hitam masih tentang misteri, bahaya, dan kematian.  

Editor: Annisa Firdausi
Foto: Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.