Mahasiswa UIN Suska Riau Raih Juara di Perlombaan Temu Ilmiah Regional

Penulis: Melsa Triamanda**

Mahasiswa UIN Suska Riau memperoleh kemenangan dalam perlombaan Temu Ilmiah Regional yang diadakan Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumatra Bagian Tengah (Sumbagteng). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Universitas Andalas (Unand) Padang selama empat hari, mulai 8 hingga 11 Juni.

“Alhamdulillah, UIN Suska Riau berhasil meraih empat kemenangan dalam dua cabang perlombaan,” ujar Fikran Hadi selaku Kepala Departemen Keilmuan FoSSEI Sumbagteng.

Perlombaan yang dimenangkan di antaranya yaitu Olimpiade Ekonomi Islam dan Business Plan Competition. Prestasi tersebut diraih mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS).

“Di UIN Suska Riau itu cabang FoSSEI ada dua, yaitu Study Club Economic Islamic (SCEI) milik Fasih, dan Forum Diskusi Ekonomi Islam (Fordei) milik Fekonsos,” jelas Fikran saat diwawancarai pada Kamis, (23/6/2022).

Fikran mengungkapkan, juara pertama cabang Olimpiade Ekonomi Islam diraih oleh tim beranggotakan Samsun Siregar, Osana Ferda, dan Difa Aditia. Pada cabang yang sama juara ketiga dimenangkan kelompok M. Ridwan, Eliza Wendra, dan Ilham Ramadhona. Sementara cabang Business Plan Competition, Tomy Hidayat, Maulidya Rahmi, dan Arya Bakti sebagai regu berhasil meraih peringkat pertama. Tim beranggotakan Vony Pratiningsih, Doni Setiawan, dan Oktaviani, menduduki posisi ketiga pada cabang perlombaan serupa.

“Jadi ada dua perlombaan yang dimenangkan dalam dua cabang perlombaan dan meraih juara satu sama tiga,” ujarnya.

Fikran menjelaskan, peserta yang meraih juara satu lomba Ekonomi Syariah Islam akan masuk ke semi final dan mengikuti ajang serupa di Universitas Islam Indonesia (UII) pada Juli mendatang.

“Yang masuk semi final nanti akan ikut lomba ke UII Jogja. Nama kegiatannya Temu Ilmiah Nasional (Temilnas),” jelasnya.

Berdasarkan penuturan Fikran, 150 peserta dari berbagai Universitas di Sumatra ikut berpartisipasi pada perlombaan ini. Beberapa universitas berasal dari Riau, seperti UIN Suska Riau, Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mahaputra.

“Perwakilan dari SCEI ada 22 orang, dari Fordei sekitar 15 orang. Dalam satu tim yang ikut lomba itu terdiri dari tiga orang,” tutur nya.

Harapan Fikran semoga kegiatan ini dapat berjalan setiap tahunnya dan menambahkan semangat, khususnya mahasiswa Ekonomi Syariah untuk membumikan ekonomi Islam.

 

Reporter : Melsa Triamanda**

Editor: Puspita Amanda Sari

Foto: Fikran Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.