Simulasi Menuju Program Tahunan, USM Laksanakan Pra Balik Kampung

Penulis: Wulan Rahma Fanni

Gagasanonline.com- UIN Suska Mengajar (USM) adakan kegiatan Pra Balik Kampung di Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau pada 24 sampai 28 September 2021. Ketua umum USM, Cicilia Susanti mengatakan kegiatan ini merupakan simulasi sebelum menuju program utama yaitu Balik Kampung.

Cicilia mengungkapkan program baru USM ini bertujuan sebagai upaya mengatasi kebingungan para anggota USM terhadap kondisi, cara beradaptasi, dan berkomunikasi dengan masyarakat daerah tersebut.

“Sebelum menjalankan pengabdian yang nanti akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, makanya USM membuat simulasinya terlebih dahulu namanya Pra Balik Kampung,” katanya.

Baca juga: Rutin Adakan Kegiatan Fun Bike, Civitas Akademik UIN Suska Harap Dapat Jalin Keakraban Yang Lebih Baik

Ketua umum USM menjelaskan tujuan program tahunan Balik Kampung adalah sebagai pengabdian ke sebuah desa selama kurang lebih satu bulan. Ia menambahkan biasanya program ini dilaksanakan sekitar bulan Januari atau Februari saat libur semester genap. Untuk menuju tahap itu, terlebih dahulu anggota USM harus mengikuti kegiatan Pra Balik Kampung.

“Jadi sebelum melaksanakan pengabdian selama satu bulan, maka diadakanlah kegiatan Pra Balik Kampung ini sebagai simulasi,” ulangnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 anggota USM, terdiri dari 13 perempuan dan 9 laki-laki dengan mayoritas anggota baru USM yang belum mengenal kebiasaan dan budaya masyarakat di sana. Adapun kegiatan Pra Balik Kampung meliputi pemberian materi terkait masalah solving juga tentang komunikasi, outbound dan tadabur alam.

Baca juga: Gelar Pekan Taaruf, Dema Ushuluddin Harap Mahasiswa Baru Kenal Budaya Kampus

Cicilia membeberkan pemberian materi tersebut sebagai bekal untuk menjalin komunikasi agar dapat beradaptasi dengan baik. Selain itu kegiatan ini juga merupakan upaya terjalinnya keakraban antar anggota.

“Jadi tujuan diberikan materi tersebut biar nanti di program Balik Kampung yang dilaksanakan kutang lebih satu bulan pengabdian, para anggota sudah bisa mengatasi maupun meminimalisir masalah yang akan terjadi,” ungkapnya.

Baca juga: Press Release Pergantian Kepengurusan LPM Gagasan Periode 2021/2022

Cicilia berharap selain sebagai sumber ilmu baru, kegiatan ini dapat menjadi tahap awal pengenalan terhadap masyarakat daerah tersebut agar tercapai output dari pengabdian itu sendiri.

Reporter: Wulan Rahma Fanni
Editor: Puspita Amanda Sari
Foto: Dok. USM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.