Kolaborasi Kebersamaan HIMA dan DEMA Psikologi dengan Mahasiswa Baru

Penulis : Khumar Mahendra

Gagasanonline.com- Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi UIN Suska Riau lakukan kolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Psikologi dan Mahasiswa angkatan 2020 dalam pelaksanakan Silaturahmi Orientasi Psikologi (Sinopsi’s) dan Pengenalan Mahasiswa Baru (PMB) kepada Mahasiswa baru angkatan 2021. Kegiatan ini dibuka langsung oleh ketua Dema dan dihadiri dari berbagai Unit Kegiatan Kampus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diadakan di Gedung Rektorat lantai 5, Sabtu (23/10/2021).

Ketua Pelaksana, Alif Salim Gusti mengatakan kegiatan ini mengutamakan pengenalan bagian kemahasiswaan jika dibandingkan dengan pengenalan lainnya yang lebih akademis.

” kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar kampus, seperti memperkenalkan ormawa dan apresiasi mereka terhadap Kampus,” ujarnya.

Ia menyebut panitia Menyiapkan kegiatan ini dengan sangat singkat menjelang pelaksanaan. karena dari Dema psikologi memiliki banyak agenda, jadi untuk  persiapannya hanya seminggu menjelang acara. Dan jika dibandingkan dengan tahun lalu Sinopsi’s tahun ini bisa dibilang minim, karena sebelumnya terkendala pandemi Covid-19 yang masih di Level 4.

“Meskipun surat izin sudah masuk namun tidak bisa melakukan pelaksanaan sehingga tahun kemarin itu apa adanya saja,” kata Alif.

Alif menuturkan pada kegiatan ini kami lebih bisa membuka zona yang biasa di ruang serbaguna Fakultas tapi kini membuat konsep yang lebih bagus menggunakan konsep lighting di ruang rektorat.

“Hanya di konsep kami bisa menang, jika di bandingkan fakultas lain karena mahasiswa kami yang masa nya bisa dibilang kurang dan mungkin setiap tahun konsepnya akan lebih bagus lagi,” tambahnya.

Baca Juga : Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Raih Juara 2 Dalam Pemilihan Abaka Tebing Tinggi 2021

Alif berharap Mahasiswa baru bisa paham dan berpartisipasi aktif untuk ikut berapreasiasi dalam mengikuti kegiatan di kampus, terutama di fakultas Psikologi sendiri.

Selain itu, ketua Dema Muhammad Faiz Atallah, sangat mengapresiasi kegiatan ini. karena pertama kali silaturahmi dan orientasi Psikologi dilaksanakan dengan antusias mahasiswa baru untuk menghadiri acara Sinopsi’s yang ditaja dari kolaborasi  pihak HIMA dan DEMA serta dibantu mahasiswa angkatan 2020.

“Orientasi disini perkenalan antara setiap UKK dan UKM dengan Harapan Mahasiswa baru bisa saling mengenal Antara Mahasiswa dengan pihak kampus,” ucap Faiz.

Faiz menyebut kegiatan yang diadakan di rektorat lantai 5 ini memiliki variasi dan inovasi tersendiri, karena tidak menggunakan dekorasi yang berlebihan tapi lebih elegan dengan menggunakan lighting.

“Sama halnya dengan kepanitian yang lebih mementingkan kolaborasi atau kebersamaan HIMA dengan DEMA bahkan Mahasiswa sendiri,” pungkasnya.

Baca Juga : Dosen UIN Suska Riau Rado Yendra Dianugerahi Piagam Rekor MURI

Senada dengan Alif, Faras Hasyim Rinaldi Chaniago turut merasa senang Diadakan kegiatan Sinopsi’s yang langsung membentuk ketua angkatan. Karena yang utama yang mau dicari itu membentuk ketua angkatan. Dan memberikan hubungan yang erat antara mahasiswa yang satu dengan lainnya,” tuturnya.

Faras menambahkan kegiatan PMB ini diadakan untuk penyambutan Mahasiswa baru di Tingkat Jurusan di mulai dari tahun ini dan setelah 4 tahun HMJ berdiri.

“Jadi selama 3 tahun HMJ sebelumnya HMJ tidak melakukan penyambutan Mahasiswa baru,” tutupnya.

Salah satu peserta Sinopsi’s, Muhammad Diva Adhitya Mengatakan kegiatan ini sangat berguna bagi Mahasiswa baru untuk saling mengenal satu sama lain  serta mengenal apa saja kegiatan dan organisasi yang ada di kampus.

“Untuk menambah wawasan, pengetahuan dan juga dapat mengetahui semua hal tentang kampus,” katanya.

Selain itu, Syarifah Elarahmi Atupha juga mengungkapkan keseruan kegiatan ini ketika pemilihan ketua angkatan. Karena rasanya kami satu angkatan harus menyatukan suara kami untuk kebersamaan.

“Semoga Mahasiswa baru bisa kompak setelah pelaksanaan sinopsis dan PMB ini, yang bertujuan untuk mempersatukan Mahasiswa Psikologi,” harap Syarifah.

 

Reporter : Annisatul Fathonah
Editor : Sefrizel Rahayu
Sumber foto :  Dok.Gagasan  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.