Genbi Riau Didik Anak Putus Sekolah, dan Akan Terbitkan Ijazah.

Genbi Riau Didik Anak Putus Sekolah, dan Akan Terbitkan Ijazah.

Gagasanonline.com – Komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi), beberapa waktu lalu membuka dan meresmikan rumah belajar untuk memfasilitasi anak putus sekolah yang ada di Pekanbaru untuk bisa melanjutkan pendidikan secara nonformal.

Rumah Belajar Setiap Hari (Rumah Bestari) ini diresmikan pada 4 mei 2018 lalu, yang berlokasi di Jalan Kutilang Sakti, Panam, Pekanbaru. Menurut Rendi Pratama Ketua Genbi Riau, saat ini Rumah Bestari menampung sebanyak tujuh orang anak jalanan. “Sampai saat ini ada tujuh anak yang aktif belajar setiap hari,” kata Rendi.

Rendi menjelaskan bahwa, peserta didik Rumah Bestari sama sekali tidak dipungut biaya dan tidak diwajibkan memakai baju seragam. Mereka belajar setiap hari dengan tenaga pengajar dari relawan Genbi dan Yayasan Fatma Visi Sukses. Ada sekitar 20 relawan dari Divisi Pendidikan Genbi Riau yang merupakan pengelola Rumah Bestari.

Anak-anak tersebut berdomisili di daerah sekitar Panam yang berasal dari keluarga kurang mampu. “Orang tua mereka bekerja sebagai pemulung jalanan. Karena faktor ekonomi, anak-anak tersebut terpaksa putus sekolah,” kata Rendi.

Selain pendidikan umum, Rumah Bestari juga berencana memberikan pendidikan secara khusus seperti pendidikan kewirausahawan. “Kedepannya memberikan pendidikan wirausaha,” kata Rendi. Rendi menegaskan bahwa Genbi Riau pada tahun 2018 menargetkan bisa memfasilitasi 30 anak putus sekolah untuk mendapatkan ijazah Paket A, B dan C.

Muttaqin Nasution, Staf Pengajar merasa tidak merepotkan berbagi ilmu kepada anak-anak tersebut, “Alhamdulillah lumayan mudah, ya namanya anak-anak kadang ada juga main-main waktu proses belajar mengajar, sebagian dari mereka belajar dengan serius” ungkapnya.

Muttaqin berharap anak didiknya bisa terus mengenyam pendidikan sesuai Undang Undang Dasar 1945. “Ini juga salah satu misi kita yang sesuai dengan UUD 45, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. karena ini berhubungan dengan cita-cita anak didik” tambahnya.

Penulis : Abdul hakim

Editor : Nafi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *