Peserta Diklat Gagasan Simulasi Liputan di Museum Sang Nila Utama

Foto kunjungan peserta dikdas ke Museum Sang Nila Utama.
Foto: Adrial
 

www.gagasan-online.com Pendidikan dan pelatihan dasar (dikdas) jurnalistik LPM Gagasan hari kedua simulasi liputan ke Museum Sang Nila Utama, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Sabtu (22/10/16).

Koordinator acara Aqib Sofwandi mengatakan, dipilihnya Museum Sang Nila Utama untuk praktik liputan karena museum ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah. Namun tak banyak masyarakat berkunjung ke museum yang didirikan Pada 9 Juli 1994 ini.

“Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk melatih mental calon anggota baru terutama saat mewawancarai narasumber,” ujar Aqib.

Dalam kunjungan tersebut peserta dibagi dalam lima kelompok yang dibimbing satu pamong masing-masing kelompok. Peserta dipersilakan berkeliling museum mencari berbagai informasi yang dibutuhkan oleh setiap kelompok.

Selain itu, peserta juga diizinkan untuk melihat lebih dekat benda-benda peninggalan zaman dulu yang ditemukan di berbagai daerah. Mulai dari permainan tradisional seperti congklak, keris, baju adat, replika Candi Muara Takus, replika Istana Siak dan masih banyak koleksi lainnya.

Saat ini, museum tersebut dalam proses renovasi. Perbaikan gedung serta penambahan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Pegawai museum, Endrizal mengatakan, renovasi selesai pada 2017 mendatang.

Kinan, peserta dikdas mengatakan kegiatan ini menyenangkan dan menambah wawasan. “Acara hari ini capek tapi seru bisa mengenal museum ini lebih dalam dan dapat pengalaman baru,” ujarnya.

Penulis : Linda Rizky

www.gagasan-online.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.