Kuliah Bukan Cari Gelar, Tapi Ilmu

Foto kru  LPM gagasan UIN Suska Riau bersama para alumni
 di acara buka bersama (Foto: LPM Gagasan)

gagasan-online.com: Generasi muda cenderung memprioritaskan gelar sebagai target penyelesaian studi. Alumni IAIN Susqa sekaligus alumni LPM Gagasan,  Hendrik Gembel menyayangkan hal ini terjadi. Jumat (18/06/2016) di Sekretariatan LPM Gagasan UIN Suska Riau.

“Inti dari mahasiswa itu, menuntut ilmu. Jangan pernah berpikir jadi mahasiswa hanya untuk mendapatkan gelar saja,” ucapnya.

Hendrik mengatakan, mahasiswa yang hanya mencari gelar sarjana saat kuliah, ketika selesai nanti, dia bekerja juga tidak sesuai dengan gelar sarjananya.

Alhasil, Hendrik menyebutkan saat mahasiswa selesai tidak tahu harus berbuat apa dan mau kemana. Hal itu terjadi karena tidak adanya kemampuan dan kreatifitas yang dimilki saat kuliah.

“Ketika tamat, mahasiswa bingung mau kerja apa,” tutur Hendrik.

Untuk mencegah hal itu, Hendrik menyarankan mahasiswa aktif dalam berorganisasi. Menurutnya aktif dalam berorganisasi bisa menambah ilmu yang tidak didapatkan dalam perkuliahan.

Sementara itu, alumni gagasan lainnya, Ilzam Fauzi  merasa sedih melihat kondisi mahasiswa saat ini.

Ilzam menilai, daya kritis, daya juang, dan kemampuan mahasiswa sangat lemah. Terjadinya hal itu Ilzam anggap karena kebanyakan mahasiswa menyia-nyiakan waktu perkuliahan dengan hal yang tidak bermanfaat.

“Buat apa banyak S1, S2 kalau tidak bisa apa-apa. Kan malu,” herannya. (Ferdy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.