Penghijauan di Tengah Pemanasan Global

Euphorbia

Oleh: Elfi Rahmadani, S.P.,M.Si
gagasan-online.com Bukanlah hal yang tidak diragukan lagi jika suhu lingkungan sekitar kita meningkat. Dan kita adalah manusia dengan segala kelebihannya memiliki kemampuan bertahan ditengah masalah suhu yang panas ini. Penggunaan AC bukanlah merupakan salah satu jaminan dalam menghilangkan panas yang terjadi dimuka bumi ini.

AC yang menghasilkan limbah gas freon akan merusak lapisan atmosfer bumi sehingga sinar ultraviolet matahari akan masuk kepermukaan bumi tanpa terfilter dan hasilnya jelas bahwa udara permukaan bumi akanmenjadi semakin panas. Upaya untuk mengatasi masalah panas dimuka bumi ini yang semakin hari kian tak terkendalikan adalah dengan menanam tanah/lahan yang masih kosong
dengan vegetasi-vegetasi yang mensuplai oksigen, menyerap karbondioksida, polutan dan pohon-pohonan yang dapat memberi keteduhan.


Untuk menunjang efektivitas tanaman/vegetasi dalam memberikan lingkungan yang nyaman dan sehat, pemilihan jenis tanaman yang tepat perlu dilakukan. Tanaman-tanaman dibawah ini dapat menjadi alternatif untuk penyejuk dan dapat ditanam dipekarangan sekitar rumah. Disamping mengandung air dan mengurangi panas, tanaman ini dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk massa, tajuk, dan struktur tanaman, tanaman dapat dikelompokkan menjadi tanaman pohon, tanaman perdu, tanaman semak (shrubs), tanaman merambat (liana), tanaman herba, terna, bryoids, dan sukulen.

Tanaman pohon adalah jenis tanaman berkayu yang biasanya mempunyai batang tunggal dan dicirikan dengan pertumbuhan yang sangat tinggi. Tanaman perdu merupakan tanaman berkayu yang pendek dengan batang yang cukup kaku dan kuat untuk menopang bagian-bagian tanaman dan contoh tanaman ini adalah bunga sikat botol, krossandra dan euphorbia. Sementara itu tanaman golongan semak memiliki ciriciri batang yang berukuran sama dan bambu hias termasuk kedalam golongan tanaman ini dan memiliki ketinggian di bawah 8 m.

Tanaman dengan jenis merambat atau disebut golongan liana memiliki ciri-ciri batang yang tidak berkayu dan tidak cukup kuat untuk menopang bagian tanaman lainnya, ada pun contoh tanaman ini adalah alamanda Selanjutnya golongan tanaman yang tidak berkayu tetapi dapat berdiri tegak yang disebut ternkana dan tapak darah. Selanjutnya cendawan. Bentuk dan ukuran daunnya kecil (jarum dan rumput-rumputan) dan campuran. Tanaman ’lunak’ yang tidak berkayu dengan batang dan daun mampu menyimpan cadangan air dan tahan terhadap kondisi yang kering contohnya kaktus.
Bunga sikat botol

Bunga krossandra
Bambu hias

Tanaman liana (Tanaman Air Mata
Pengantin).
Terakhir mari bersama menghijaukan bumi kita.
Penulis adalah Dosen Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertapet) UIN Suska Riau
Redaksi gagasan menerima tulisan berupa artikel, opini, cerpen,
puisi, serta karya ilmiah lainnya. Redaksi berhak mengubah sebagian atau
seluruh tulisan, sepanjang tidak mengubah maksud dan tujuan. setiap
tulisan yang masuk akan menjadi milik redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.