Jumlah Kuota Jalur SNMPTN dikurangi

Rektor Prof Dr Munzir Hitami (foto: Hanif)
gagasan-online.com Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada 9 Mei 2016 yang lalu. Untuk tahun 2016 mahasiswa yang diterima di UIN Suska Riau melalui jalur SNMPTN hanya 704 mahasiswa baru. 

Rektor Prof Dr Munzir HItami mengtakan bahwa untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2016 diturunkan jumlah dari tahun 2015 untuk SNMPTN. 
Hal ini menyangkut karena melihat dari hasil yang diterima dari ujian nasional banyak yang tidak sesuai standar, sehinga rektorat kembali mempertimbangkan jumlah yang masuk dari SNMPTN. Dari SNMPTN sendiri nilai yang dijadikan acuan menurut Munzir adalah semester satu sampai lima. 
“banyak yang kita terima dibawah satandar,” ungkanya sambil mengelus dada. Selasa(10/5).

Menurut Munzir tidak hanya jalur SNMPTN, namun juga jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) juga diturunkan jumlah mahasiswa yang diterima.  Hal ini juga serupa dengan masalah yang terjadi di jalur SNMPTN.

Berbeda dengan jalur Mahasiswa undangan( SNMPN/PBUD) jalur seleksi dengan ujian atau biasa disebut seleksi ujian tertulis lebih banyak jumlah mahasiwa yang akan diterima dari tahun sebelumnya. Untuk seleksi ujian tertulis yang akan dilaksanakan antara lain Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri(SBMPTN), Ujian Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Seleksi Mandiri. “untuk Nasional lebih banyak kita membuka di seleksi tertulis” Jelas Munzir. (Aqib*/ Adrial*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.