Tak Bayar SPP, Ijazah Puluhan Wisudawan Mei FTK Terancam Ditahan

gagasan-online.com : Puluhan Wisudawan Mei Fakultas Tarbiah dan Keguruan (FTK) gagal mendapatkan ijazahnya di bagian AAK. Pasalnya, administrasi mereka disebut bermasalah karena belum membayar uang kuliah semester genap pada Februari lalu. Akibatnya, sebagian dari mereka khawatir akan nasib pekerjaan yang akan mereka lamar. Jumat (7/8/2015).
Sartika, seorang wisudawan mengatakan ia dan teman-teman lainnya sengaja tidak membayar karena disebut bebas uang spp ketika mengurus Surat Keterangan Lulus. Ketika itu, sejumlah wisudawan telah menyelesaikan ujian Munaqasah namun tidak ada kebijakan yang keluar dari pihak kampus terkait uang kuliah mereka. Tak dapat kejelasan, ia da teman-teman lainnya coba mempertanyakan hal ini kepada beberapa pihak di Fakultas. Hingga akhirnya, mereka bertemu dengan seorang pegawai Fakultas yang hendak laporkan berkas wisudawan ke Rektorat, “Disitu ada nama kami, lega rasanya,”ceritanya.
Beberapa bulan berlalu, ia yang saat ini tidak berada di Pekanbaru mendapat kabar buruk dari seorang temannya tentang ijazahnya di Rektorat. Menurutnya, saat ini beberapa temannya di Pekanbaru sedang mencari solusi selesaikan masalah ini. “Kami juga minta bantuan BEM FTK,”katanya.
Tak hanya Sartika, seorang mahasiswa FTK yang enggan disebutkan namnya mempunyai nasib yang sama. Menurutnya ketika itu temannya disuruh menuliskan nama dan tanggal ujian di selembar kertas untuk diantarkan kepihak rektorat. Selanjutnya, nama-nama mereka disebut bebas dari uang kuliah karena sudah menyelesaikan ujian munaqasah dan sedang menunggu Surat Keterangan Lulus (SKL). “Kemarin itu belum bisa diproses (SKL -red) karena ada gangguan jaringan,”katanya.
Saat Dikonfirmasi, Wakil Dekan I membantah jika pihak fakultas keluarkan kebijakan bebas uang kuliah semester ganap kepada wisudawannya. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan wewenang pimpinan kampus bukan pihak Fakultas. “Kalau soal itu kan kebijakan Rektorat, bukan fakultas,”katanya.
Ia mengakui masih banyak ijazah para wisudawan yang masih berada di bagian AAK. Menurutnya ijazah tersebut ada yang sengaja belum diambil dan ada juga yang ditahan karena masalah administrasi. “Bukan cuma mahasiswa FTK,”katnya.(Hafiz, Ferdy) 

gagasan-online.com
Portal Warta Digital LPM Gagasan
UIN Suska Riau 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.