KPM Mengundurkan Diri, Pemilihan Sema Universitas 2024 Dibatalkan

Penulis: Iqbal Khadafi**

Gagasanonline.com – Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) Senat Mahasiswa (Sema) Universitas, pada akun Instagram @kpmsemausr23 memposting surat pernyataan yang menyatakan KPM Musyawarah Sema Universitas (MUSEMA-U) 2024 mengundurkan diri dan pemilihan Sema 2024 dibatalkan.

Ketua Sema Universitas 2023, Ferdi Gusman Hidayat mengatakan hal itu sebab minimnya jurusan yang mengirimkan perwakilan sebagai calon anggota Sema Universitas 2024.

Dikatakan Ferdi pada 27 Desember panitia telah mengundang tiap Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) untuk melakukan sosialisasi pemilihan. Namun hanya lima HMPS yang hadir. Saat itu, pendaftaran berkas calon anggota Sema Universitas 2024 dibuka sampai 30 Desember.

“Sampai 30 Desember, tidak ada satu jurusan yang mengirimkan perwakilannya sebagai calon anggota, sehingga KPM melakukan perpanjangan sampai 3 Januari,” jelasnya, Minggu (21/1/2024).

Kemudian, pada 3 Januari hanya satu jurusan yg mengirimkan berkas. Sehingga KPM dan Sema Universitas langsung melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor (WR) lll untuk bertanya solusi dari permasalahan tersebut. Hasil pertemuan itu, dilakukan perpanjangan masa pendaftaran berkas sampai 5 januari.

“WR lll meminta KPM untuk mengeluarkan surat permohonan kepada jurusan dengan tandatangan WR III,” tuturnya.

Selanjutnya pada 5 januari KPM memberitahu sampai jam 23.00 WIB hanya empat berkas total yang diterima. Lalu di 8 Januari KPM bersama Sema Universitas kembali menemui WR III.

“Saat itu WR III tidak berani mengambil keputusan, sehingga beliau menyatakan akan rapat dulu dengan seluruh WD lll,” katanya.

Lalu, pada 9 Januari, WR III meminta untuk melanjutkan pemilihan dengan empat orang calon anggota Sema Universitas 2024. Akan tetapi KPM dan Sema Universitas tidak setuju dengan permintaan tersebut.

“Karna tidak mungkin sebuah Organisasi Universitas akan dijalankan dengan total anggota empat orang saja,” jelasnya.

Pada hari yang sama Sema kembali menemui WR III untuk memohon agar Sema Universitas 2024 dibekukan saja. Lantaran tidak adanya minat yg diperlihatkan oleh Ormawa di UIN.

” Namun lagi-lagi WR III tidak berani mengambil keputusan,” ucapnya.

Terakhir, pada 10 Januari lantaran mendengar berita empat orang yang akan dilanjutkan menuju Sema Universitas 2024, ada dua jurusan yg mengundurkan diri. Sehingga hanya tersisa dua orang calon anggota Sema.

“Maka dari itu saat ini KPM sudah mengeluarkan surat pernyataan, untuk surat pernyataannya berisi bahwa pemilihan Sema Universitas 2024 dibatalkan,” pungkas Ferdi.

Reporter: Iqbal Khadafi**
Editor: Sefrizel Rahayu
Foto: Dock. Tangkapanlayar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.