Alumni Jurusan Kependidikan Islam Keluhkan Tak Bisa Daftar PPG, Gegara Ijazah Dianggap Tak Linear

Penulis : Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com – Alumni Mahasiswa UIN Suska Riau, Jurusan Kependidikan Islam konsentrasi Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) kecewa lantaran tak dapat menggunakan ijazah untuk pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG). Pasalnya Ijazah tersebut dianggap tidak linear dengan Jurusan Bimbingan Konseling.

Salah Satu Alumni, R mengaku Ketika ingin mengikuti tes Pendidikan Profesi Guru (PPG), berkas yang diajukan secara online selalu ditolak permanen. Prodi ijazah tersebut tidak terdapat dalam tabel lineritas.

“Kata nya tidak linier dengan jurusan BK ijazah kami. Kami mengadu ke kampus. Kampus keluarkan surat keterangan (Suket). Kami lampirkan suket dekan tetap aja di tolak,” katanya, Jumat (7/7/2023).

Baja juga : Mengenal Tabuik, Tradisi Masyarakat Minangkabau yang Memadukan Agama dan Budaya

Diketahui Jurusan yang sebelumnya bernama Kependidikan Islam kini telah berganti menjadi Bimbingan Konseling Kependidikan Islam (BKPI).

Kemudian ia sempat mengadakan audiensi bersama teman-temannya ke Balai Guru Penggerak (BGP) untuk menanyakan hal tersebut. Lantaran kini BGP yang memegang wewenang untuk sertifikasi guru.

“Mereka salahkan ijazah kami tidak linier dengan jurusan BK sesuai Surat Edaran (SE) dari pusat. Pada saat itu juga alumni di dampingi dosen kampus,” ucapnya.

Sebagai sarjana guru BK, ia sangat berharap dapat lulus sertifikasi.

Reporter : Annisatul Fathonah
Editor : Sefrizel Rahayu
Foto : Dok. Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.