Pemilihan Lokasi KKN Belum Dibuka, Ini Kata Kapus LPPM UIN Suska Riau

Penulis: Widi Anggraini Putri

Gagasanonline.com – Pemilihan lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 2023 akan dibuka pada pertengahan Juni. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pusat (Kapus) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau Muhammad Khalilullah saat diwawancarai, Selasa (6/6/2023).

“Peserta KKN bisa memilih lokasi sekitar tanggal 13 sampai 20 Juni,” katanya.

Tapi kata dia, kemungkinan tanggal tersebut masih akan berubah. Pasalnya pihak LPPM UIN Suska tengah mempersiapkan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Selain itu proses survei lapangan baru selesai dilakukan pada pekan lalu.

Terdapat 75 Kecamatan dari 11 kabupaten/kota di Riau yang menjadi lokasi KKN tahun ini. Masing-masing kecamatan terdiri dari 5 sampai 7 desa yang saat ini sedang dalam proses input. Namun Kota Pekanbaru dikecualikan.

Dikatakannya, sebelum jadwal pemilihan lokasi, pihak LPPM akan mengumumkan daftar nama-nama desa yang nantinya akan dipilih peserta. Agar peserta dapat mempertimbangkan desa yang akan dipilihnya, dan juga desa lain sebagai opsi kedua.

Baca: Mantan Kepala PTIPD UIN Suska Riau Jalani Sidang Perdana Dugaan Korupsi

Ia melanjutkan pada tahun ini ada beberapa desa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Hal itu berdasarkan keputusan pihak kecamatan dan kepala desa setempat.

“Jadi kami hanya terima nama saja kemudian disurvei. Penentuan nama-nama desa merupakan keputusan pemerintah daerah setempat,” ucapnya.

Peserta KKN akan diberikan batas kuota untuk mengisi lokasi berdasarkan fakultas dan jenis kelamin. Fakultas dengan jumlah mahasiswa yang banyak akan diberi kuota lebih.

“Fakultas yang mahasiswanya banyak, diberi kuota misalnya tiga, dan yang jumlahnya sedikit misalnya satu. Kuota jenis kelamin juga demikian, dalam satu desa akan dibatasi jumlah laki-laki dan perempuan,” jelas Khalilullah.

Kapus menyatakan, saat ini pendaftaran KKN Reguler 2023 sudah ditutup. Total terdapat 6.501 mahasiswa yang telah mendaftar pada website LPPM.

Reporter : Widi Anggraini Putri, Mohd Azhima
Editor: Annisatul Fathonah
Foto : Dok. Azhima/Gagasan

3 thoughts on “Pemilihan Lokasi KKN Belum Dibuka, Ini Kata Kapus LPPM UIN Suska Riau”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.