KKN 2023 Akan Dilaksanakan pada Juli Hingga Agustus di 75 Kecamatan

Penulis : Ashila Razani

Gagasanonline.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa UIN Suska Riau akan dilaksanakan pada 1 Juli hingga 31 Agustus 2023. Kegiatan tersebut dilakukan di 75 Kecamatan yang ada di Provinsi Riau.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau Muhammad Khalilullah mengatakan terdapat tiga persyaratan untuk mengikuti KKN tersebut. Diantaranya telah memenuhi 100 Satuan Kredit Semester (SKS), terdaftar sebagai peserta KKN, dan memiliki asuransi ketenagakerjaan.

“Asuransi ini gunanya untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ucap Khalilullah saat diwawancarai, Kamis (06/04/2023).

Dikatakannya pihak kampus akan bekerjasama dengan pihak asuransi. Tetapi, mahasiswa yang nantinya akan berhadapan langsung dengan pihak asuransi tanpa ada campur tangan dari pihak kampus.

“Jadi kita tidak memungut biaya, hanya mereka langsung yang membayar ke pihak asuransi yang telah ditentukan,” sebutnya.

Baca: KKN Kebangsaan, Nusantara dan Serumpun 2023 Dimulai pada Juli Mendatang

Sementara itu, untuk lokasi KKN mahasiswa akan memilih sendiri desa mana yang akan dituju melaui sistem yang telah disediakan. Jika jumlah peserta sesuai perkiraan, maka dalam satu desa akan terdiri dari 15 orang.

“Namun saat ini yang mendaftar baru 6000 orang, jika tidak ada penambahan peserta maka dalam satu desa hanya terdiri dari 10 orang,” ujarnya.

Terkait transportasi keberangkatan KKN, Khalilullah mengatakan pihak kampus belum memiliki anggaran untuk hal itu. “Artinya merekalah berkelompok yang mendiskusikan,” katanya.

Adapun output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu menghasilkan karya ilmiah berupa artikel. Khalilullah berharap untuk pelaksanaan KKN pada tahun ini ada peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Lalu, artikel yang dihasilkan dapat mengangkat nama UIN Suska Riau,” Tutupnya.

Reporter : Ashila Razani, Yulvira
Editor: Annisatul Fathonah
Foto : Dok. Yulvira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.