Pertanyakan Kejelasan Pelaksanaan Beasiswa Pemprov Riau, Kabag Kemahasiswaan : Insyaallah, Desember Wajib Selesai

Penulis : Melsa Triamanda

Gagasanonline.com– Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemahasiswaan, Sarmadi menanggapi keluhan mahasiswa terkait penjelasan pelaksanaan pembinaan beasiswa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang terkendala hampir dua tahun sejak 2021.

“Insyaallah, tanggal 11 November sudah mulai pembinaan. Karena masih ada dana anggaran 2 bulan lagi, diusahakan pertengahan Desember sudah habis semua kegiatan,” ucapnya Senin (7/11/2022).

Sarmadi mengungkapkan dana pembinaan beasiswa tersebut tetap ada walaupun pembinaan tidak dilaksanakan. Namun, dana tersebut akan dikembelikan ke Provinsi.

“Jadwal pembinaan sudah dilakukan sejak April lalu namun terkendala kegiatan yang menumpuk, sehingga kami membuat jadwal ulang,” jelasnya.

Terkait pembinaan tersebut, Sarmadi menjelaskan ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan untuk angkatan 2018 hingga 2021 dengan jenis pembinaan yang berbeda-beda setiap angkatan.

“Mahasiswa semester 2 dan 3 diajarkan cara penulisan karya ilmiah, sedangkan semester 5 dan 7 berkaitan dengan ujian akhir skripsi serta kewirausahaan untuk memotivasi mereka,” sebut Sarmadi.

Baca juga : Mahasiswa UIN Suska Riau Pertanyakan Kejelasan Pelaksanaan Pembinaan Beasiswa Pemprov

Sementara, mahasiswa semester 9 dan yang sudah lulus namun belum mendapat pembinaan akan mendapat pelatihan beserta sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Mahasiswa semester 9, ada beasiswa prestasi dan bidik misi sekitaran 200 mahasiswa. Mereka akan mendapat pelatihan dan sertifikat yang berlaku selama tiga tahun sebagai pendamping ijazah ketika mencari kerja,” tambahnya.

Sedang untuk lokasi pembinaan, akan dilaksanakan di gedung rektorat lantai 5 dan luar daerah seperti kampar atau mendekati Sumatra Barat.

Sarmadi berharap mahasiswa penerima beasiswa dapat bertanggung jawab dengan kewajibannya untuk selesai tepat waktu dan berkontribusi untuk Provinsi Riau yang telah memberikan beasiswa.

“Itu kewajiban moral,” tutup Sarmadi.

 

Reporter : Melsa Triamanda, Annisa Al-zikri, Annisatul Fathonah.
Editor : Sabar Aliansyah Panjaitan
Foto : uin-suska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.