Rencana Pengembangan Fakultas, Dekan FEIS: Masih Tahap Diskusi dan Pembuatan Proposal

Penulis : Fani Safitri**

Gagasanonline.com – Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Suska Riau sedang merencanakan pengembangan fakultas. Saat ini rancangan tersebut sudah berada ditahap diskusi dan penyusunan proposal. Dekan FEIS Mahyarni mengatakan rencananya FEIS akan dikembangkan menjadi dua fakultas yakni Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Di FEBI ada (Program Studi) Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Perusahaan. Sedangkan FISIP ada Administrasi Negara dan Administrasi Perpajakan. Itu baru rencana kita masih tahap mendiskusikan dan membuat proposal belum finish,” ucapnya saat di wawancarai di ruangannya, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, faktor kebutuhan menjadi salah satu alasan dikembangkannya fakultas tersebut. Selain itu di beberapa universitas lain, FEIS sudah dipisahkan demi kepentingan mahasiswa untuk masa yang akan datang.

“Di UIN kan masih bergabung dan sesuai pada kebutuhan saat sekarang, lebih baik kalau dipisahkan. Alasannya karena secara kelembagaan, keilmuan, dan kepentingan mahasiswa untuk masa yang akan datang, lebih bagus dipisah,” tuturnya.

Walaupun hal tersebut masih direncanakan, Mahyarni berharap kedepannya rancangan ini benar-benar terealisasikan. Hal ini demi menunjang kebutuhan bersama dalam perkembangan kelembagaan di masa depan.

“Di situ ada kemungkinan besar akan mengembangkan Prodi yang ada di Fakultas Ekonomi. Harapan terbesar kemungkinan di Fakultas Syari’ah dan Hukum kan ada Prodi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah, sebaiknya mengelompok ke Prodi (yang ada di) FEBI,” tutupnya.

Reporter: Fani Safitri**, Annisatul Fathonah

Editor : Puspita Amanda Sari

Foto : Dok. Gagasan/Fani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.