Gelar Orasi Ilmiah Bersama BPIP, UIN Suska Riau Harap Pancasilais Sebagai Nilai yang Harus Diimplementasikan

Penulis : Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com – Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (Uin Suska) Riau gelar orasi ilmiah bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI). Selain itu, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman UIN Suska Riau dengan BPIP RI serta peresmian Lembaga Studi Agama dan Pancasila (eSLAP) UIN Suska Riau pada Sabtu, 4 Desember 2021 di Aula Rektorat lantai 5 Gedung Rektorat.

Kegiatan yang bertajuk ‘Penguatan Nilai-nilai Pancasila’ ini dihadiri langsung oleh Kepala BPIP RI, Yudian Wahyudi Dan Rektor UIN Suska Riau Khairunnas Rajab, serta turut dihadiri Wakil Rektor, Dosen, UKK/UKM dan civitas akademik lainnya.

Rektor UIN Suska Riau, Khairunnas Rajab dalam sambutannya mengatakan rombongan yang hadir di sini adalah orang yang menjadi agen perubahan terhadap kebangsaan dan ke-Indonesia-an dalam menciptakan keseragaman dalam keberagaman.

Lanjut Khairunnas, dengan penandatanganan yang baru saja dilakukan tersebut menandakan bahwa UIN Suska Riau berkomitmen dan berintegritas dalam mewujudkan Indonesia yang maju dan hebat.

“Karena saat ini kita tengah berjuang untuk menanamkan sikap karena banyak orang yang sepertinya alim tetapi kemudian melakukan kebrutalan, ini menandakan bahwa sikap ini masih belum diluruskan dan perlu kita tanamkan,’ tambahnya.

Dengan adanya pemaparan dari ketua BPIP RI, Yudian Wahyudi tentang Pancasila, Khairunnas berharap dalam menyikapi sebuah sikap Pancasilais bukan sekedar ucapan semata, namun juga harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Selanjutnya, pada nota kesepahaman tersebut dijelaskan isi maksud dan tujuan, yakni: (1) Maksud Nota Kesepahaman ini sebagai landasan bagi para pihak dalam rangka pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila; (2) Tujuan Nota Kesepahaman ini untuk mewujudkan kerja sama berdasarkan semangat gotong royong untuk memanfaatkan dan mensinergikan kemampuan dan sumber daya para pihak untuk mendukung pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila sesuai dengan tugas dan fungsi para pihak.

Reporter : Ayu Syafitri
Editor : Khumar Mahendra
foto : Dok. Gagasan/Annisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.