Sistem Pengajuan Judul Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Berbeda dari Sebelumnya

Penulis : Sefrizel Rahayu

Gagasanonline.com – Kepala Jurusan (Kajur) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Faurina Anastasia, mengungkapkan sistem pengajuan judul di jurusan PBI berubah dari sistem sebelumnya, lantaran sistem perkuliahan tak lagi tatap muka selama pademi Covid-19.  Ia mengatakan mahasiswa harus mengajukan judul terlebih dahulu ke jurusan atau akademik, kemudian dicek oleh stap akademik.
 
“Judulnya diterima atau tidak dengan kriteria tertentu, kalau misalnya sudah diterima lalu dibawa ke dosen pembimbing akademiknya (PA). Kemudian PA juga akan mengecek apakah sesuai dengan judul yang ia ajukan dengan sinopsis yang juga disertakan,” katanya, saat dihubungi via telepon pada Selasa, (12/08/2021).
 
Berbeda dari sistem sebelumnya yang tidak wajib meminta persetujuan PA, pada sistem pengajuan judul saat ini, mahasiswa harus melalui persetujuan dari PA mereka masing-masing. Sehingga pengajuan judul tersebut sekarang  tergantung dari PA. Pengecekan judul tersebut dapat dilakukan dua atau tiga kali tergantung dosen PA-nya. Kemudian jika sudah sesuai dengan sinopsis akan di-acc.
 
Tujuan dari meminta persetujuan PA tersebut, kata Faurina adalah untuk  membantu agar jurusan tidak terlalu banyak mengoreksi, apakah judulnya sudah sesuai atau tidak  dan jika sudah sesuai. jurusan tinggal memberikan nota pembimbing yang ditentukan oleh Kajur.
 
“Tapi kalau belum itu akan berkali-kali prosesnya, jadi kalau sudah  selesai  cover judulnya, tanda tangan PA, baru nanti mahasiswa bawa ke jurusan,” jelasnya.
 
Selain itu, kata Faurina, jika sistem pengajuan judul sebelumnya mengharuskan pengantaran berkas-bekas secara offline, kini mahasiswa dapat mengunggah berkas via online melalui link yang telah disediakan oleh pihak jurusan. “Sekarang, karena online, (mahasiswa tinggal) masukkan syarat-syaratnya ke link, setelah itu staf jurusan akan mengecek email, apakah, syarat-syaratnya sudah terpenuhi dan apakah judul tersebut sama persis dengan kakak-kakak sebelumnya,” jelasnya.
 
Terdapat sejumlah kesulitan yang dialami oleh mahasiswa terkait sistem pengajuan judul skripsi bagi mahasiswa PBI, Faurina menjelaskan beberapa kesulitan tersebut di antaranya adalah saat menghubungi dosen PA. Sejauh ini, menurutnya keluhan yang paling banyak adalah mahasiswa  susah menghubungi dosen PA-nya. “Kadang dosen tidak merespons, cuma read aja, atau dosen waktunya sedikit untuk mengecek itu, yang paling banyak leluhannya itu susah menghubungi PA nya,” katanya.
 
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Semester Tujuh Ayu Pratiwi  mengatakan, awalnya dirinya kurang paham terkait perubahan sistem pengajuan judul tersebut. Kendati begitu menurutnya sistem yang sekarang jauh lebih efektif dan jelas prosedurnya.
 
“Semoga kedepannya PBI tidak terlalu banyak perubahan mengenai pengajuan judul lagi,” katanya saat diwawancarai melalui pesan WhatsApp.
 
Reporter : Sefrizel Rahayu
Editor: Hendrik Khoirul
Foto: Dok. Gagasan/Hendrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.