Kafilah Riau Kembali Raih Prestasi Dalam STQH Nasional di Maluku Utara

Penulis: Soupiyah**

Gagasanonline.com – Provinsi Riau kembali mencatatkan sejarah baru pada ajang lomba Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI, yang diselenggarakan pada 12-24 Oktober 2021 di kota Sofifi, Maluku Utara. Kafilah dari Riau berhasil meraih posisi ke-5 sebagai juara umum.  Kafilah Riau berhasil membawa enam piala dari cabang lomba yang berbeda, yakni Juara 2 cabang Tahfizd 20 juz putra, juara 2 cabang Tahfizd 30 juz putra, juara 2 hadits 100 dengan sanad putri, juara 3 Hadits 500 tanpa sanad putra, juara 3 Hadits 500 tanpa sanad putri, dan harapan 2 Tahfizd 1 juz + Tilawah putra.

Perwakilan Riau Cabang Hadits 500 Tanpa Sanad, Abrar Sadad, mengatakan bahwa ada 20 orang yang menjadi perwakilan dari Riau ke Maluku Utara mengikuti perlombaan STQH ini. Masing-masing berada di cabang yang berbeda. Karena ada 10 cabang yang diikuti, maka dari itu dalam setiap cabang ada 1 putra dan 1 putri.

Abrar Sadad mengatakan proses-proses seleksi yang dilakukan di provinsi sebelum dikirim ke Maluku Utara sangat selektif dan ketat. Sampai pada akhirnya dia berhasil menang, bahkan mendapat juara 3 di Maluku cabang hadits 500. “Alhamdulillah saya termasuk salah satu yg diundang, karna sebelumnya saya jga mengikuti MTQ Kabupaten di kota Pekanbaru dan alhamdulillah menjadi juaranya,” ungkap Abrar, 26 Oktober 2021.

perwakilan dari Riau cabang Tilawah dan Tahfizd 1 juz putra, Aljuanda Kurniansyah, mengungkap perjalanannya selama proses seleksi berlangsung. Perjuangannya dimulai panggilan dari kecamatan untuk ikut seleksi tingkat kabupaten. Pada proses seleksi tersebut, dia berhasil meraih peringkat pertama. Kemudian, di tingkat provinsi, dia kembali memenangkan lomba, dan akhirnya diutus sebagai perwakilan Riau pada STQH Nasional di Maluku Utara. Sebuah perjalanan yang panjang baginya. Pada perlombaan di Maluku Utara, Aljuanda kembali meriah penghargaan sebagai juara harapan 2 dari cabang lomba Tilawatil dan Tahfizd 1 juz untuk putra.

Reporter: Vera Arlisa*
Editor: Hendrik Khoirul
Sumber foto: Dok. Aljuanda Kurniansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.