Satya Institute for Sustainability UIN Suska Riau dan BAPPENAS Jalin Kemitraan Strategis

Penulis: Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com – Satya Institute for Sustainability UIN Suska Riau dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Republik Indonesia (RI) jalin kemitraan strategis. Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan Rektor UIN Suska Riau, Satya Institute dan BAPPENAS RI di Jakarta, Senin (31/7/ 2023).

Hal itu bertujuan untuk akselerasi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Kemitraan itu dirancang untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua lembaga.

Kemitraan menunjukkan komitmen UIN Suska Riau melalui Satya Institute untuk meningkatkan kerjasama dalam maupun luar negeri untuk mempercepat pencapaian 17 TPB. TPB terbagi dalam empat pilar: pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, pembangunan lingkungan, terakhir pembangunan hukum dan tata kelola.

Direktur Satya Institute, Muhammad Fauzan Ansyari menjelaskan Satya melakukan riset-riset sesuai TPB dengan pendekatan interdisiplin, melibatkan peneliti dari berbagai bidang ilmu dan perguruan tinggi. Selain itu, Satya Institute berperan dalam edukasi masyarakat terkait isu-isu keberlanjutan, membangun kesadaran, pengetahuan, keterampilan, dan sikap keberlanjutan.

“Hal tersebut untuk mendorong perilaku dan praktik berkelanjutan,” ucapnya.

Baca: Tabligh Akbar 1 Muharam: Mahasiswa KKN Bandar Sekijang Datangkan Syekh Anas Jaber

Rektor UIN Suska Riau Khairunnas Rajab, menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Seknas TPB BAPPENAS dan kesediaan melibatkan Satya Institute dalam program-program TPB Bappenas di Indonesia.

“UIN Suska Riau, telah berpengalaman lebih satu dekade mengembangkan energi bersih, yang sesuai dengan salah satu target dalam TPB,” ucapnya.

Kontribusi UIN Suska Riau pada pengembagan energi bersih dibuktikan dengan membuka kurikulum energi berkelanjutan sejak 2010. “Hasil dari upaya tersebut adalah, lulusan UIN Suska Riau telah berkontribusi dalam membangun lebih separuh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Indonesia,” katanya.

Manajer Pilar Lingkungan di BAPPENAS RI, Rachman Kurniawan mengatakan dengan bergabungnya Satya Institute, maka UIN Suska Riau menjadi salah satu dari tiga mitra strategis BAPPENAS di lingkungan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia.

Dikatakannya Satya Institute telah menjadi bagian dari SDGs Hub BAPPENAS RI. Ini sekaligus menunjukkan kontribusi penting Satya Institute dan UIN Suska Riau dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara nasional.

Rilis
Editor: Sefrizel Rahayu
Foto: Dok. Khairunnas/Rektor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.