Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Sosialisasi Literasi Media di Desa Terpencil

Penulis: Herfina Amalia


Gagasanonline.com- Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Konsentrasi Public Relations (PR) A UIN Suska Riau mengadakan sosialisasi literasi media dengan tema “Public Relations A Bergerak untuk Berliterasi” kepada siswa-siswi di Sekolah Dasar (SD) 019 Pulau Belimbing, Kecamatan Kuok, Simpang Gajah Pulau Belimbing, Kampar, Sabtu (3/6/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh majelis guru dan 56 siswa-siswi kelas satu sampai kelas enam. Tujuan dari acara ini untuk memberikan motivasi dan edukasi kepada mereka terhadap perlunya literasi dalam menggunakan sosial media. Kegiatan dimulai dari senam, sosialisasi, bermain, membaca, penampilan tari, dan ditutup dengan berbagi alat tulis.

Mahasiswa disambut dengan hangat oleh Kepala Sekolah SD 019 Pulau Belimbing Henry. Dalam kata sambutannya, beliau sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan.


“Kami senang sekali dengan kedatangan mahasiswa yang mau memberikan edukasinya terkait literasi. Hal ini melihat bahwa literasi merupakan kegiatan yang sedang digencarkan oleh menteri pendidikan untuk mencetus generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif,” ujarnya.

Kepala sekolah juga berharap dengan acara ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi dan menjadi wadah mahasiswa melakukan pengabdian serta memberikan pengalaman yang berharga bagi mereka. “Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak kami dan kegiatan ini terus diadakan. Mahasiswa yang datang bisa terus menebarkan kebaikan dan bermanfaat untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, ketua pelaksana Muhammad Romdoni mengucapkan terima kasih atas antusias sekolah dan siswa-siswi yang hadir pada kegiatan tersebut. Ia juga mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini yaitu memberi edukasi kepada anak-anak tentang literasi digital khususnya di desa-desa terpencil.


“Sebagai wujud nyata kami sebagai mahasiswa yaitu menjadi agen of chage berkontribusi terhadap keadaan pendidikan anak di Indonesia terutama di desa terpencil,” ungkapnya.


Dengan begitu, dapat terlihat bagaimana keadaan literasi siswa-siswi dengan media digital yang semakin canggih bahkan telah marak digunakan oleh anak-anak sekolah dasar.

Editor: Windi Astuti
Foto: Dok. PR A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.