Mubes 2023: Pasangan Rafiq-Firman Terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Dema UIN Suska Riau

Penulis: Rofiqoh Romadhoni*

Gagasanonline.com – Rafiq, mahasiswa Fakultas Pertanian & Peternakan dan Firman Putra Aditama, mahasiswa Fakultas Tarbiyah & Keguruan terpilih menjadi Ketua dan Wakil Dema UIN Suska Riau Periode 2023.

Pasangan tersebut terpilih melalui Musyawarah Besar (Mubes) dengan sistem voting di Gedung Teater B Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (Feis), Minggu (26/02/2023). Mereka unggul 18 suara atas pasangan Aan Sagita-Hamzah dan Robert Joko-Tandi Nawang, yang masing-masing mendapat 16 dan 10 suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Dema Universitas, Zuniar menjelaskan sistem pemilihan di mubes awalnya dilakukan dengan lobying. Namun, kata Zunair, karena sistem tersebut tidak membuahkan hasil, akhirnya dilakukan dengan voting. Dalam voting, pemilih berasal dari suara penuh yang datang dari seluruh jurusan di UIN Suska Riau dengan total 44 jurusan.

“Iya, sistem voting itu diputuskan melalui musyawarah yang sudah ditetapkan di tata tertib yang telah disepakati sebelumnya. Tapi, sebelum voting diadakan adanya upaya lobying namun tidak membuahkan hasil hingga akhirnya menempuh sistem voting,” jelasnya saat diwawancarai via WhatsApp, Minggu (26/02/2023).

Sebagai Ketua Dema terpilih, Rafiq menuturkan ingin mewujudkan Dema UIN Suska yang bersinergi dan konstruktur dengan seluruh mahasiswa. Hal itu sesuai dengan visinya yang telah dikampanyekan sebelumnya.

“Sehingga mengedepankan pemikiran yang berintelektual dan berjiwa proklamator,” kata Rafiq.

Baca: Kembali, Motor Mahasiswa UIN Suska Riau Hilang Diparkiran

Sementara untuk misinya, Rafiq menyampaikan akan menampung dan menindaklanjuti aspirasi, serta mengembangkan potensi mahasiswa. Kemudian, membangun kembali budaya diskusi di lingkungan mahasiswa, menjalin silaturahmi antarlembaga, serta menumbuhkan partisipasi mahasiswa terhadap kelembagaan mahasiswa di UIN Suska Riau.

“Dengan merangkul semua organisasi mahasiswa (Ormawa) dan mensosialisasikan ke seluruh mahasiswa UIN Suska Riau, serta menampung aspirasi dari ormawa lewat diskusi,” ucapnya.

Untuk itu, dengan adanya Ketua dan Wakil Dema UIN Suska yang baru, Rafiq berharap dapat menjalankan komitmen visi dan misinya tersebut bersama dengan seluruh elemen kampus.

“Kita saling bertukar pikiran untuk membangun UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang. Dengan semua elemen yang ada di UIN Suska, hingga dapat bersinergi, nantinya membantu kami dalam menjalankan proker dan visi misi,” pungkasnya.

Editor: Kakak Indra Purnama
Reporter : Annisatul Fathonah
Foto: Rafiq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.