Mahasiswa Keluhkan Jalan Macet Saat Wisuda, Satpam: Situasinya Masih Aman Terkendali

Penulis: Alfaridzi Yofan Baihaqi**

gagasanonline.com – Mahasiswa mengeluhkan akses jalan keluar masuk UIN Suska Riau menuju Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) sampai ke Gedung Belajar (GedBel) yang macet lantaran banyaknya pengguna kendaraan menumpuk di jalan maupun di tepi jalan. Hal ini terjadi saat kegiatan wisuda yang dilaksanakan tiga hari di Gedung PKM.

Satpam Iksanul Fajri mengatakan situasi jalan saat kegiatan wisuda masih terkendali dan aman. Para satpam melakukan beberapa upaya untuk menjaga ketertiban agar tetap aman dan tidak menimbulkan macet.

“Upaya yang kami lakukan dengan mengalihkan lahan parkir, karena lahan parkir di gedung PKM terbatas. Kalau ada orang yang parkir di pinggir jalan kami suruh pindah,” ucapnya, Rabu (16/11/2022).

Kendati demikian, Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES), Ali Amar Bilah mengaku dirinya sangat terganggu ketika hendak keluar masuk kampus karena padatnya jalan.

“Permasalahannya itu kenapa pihak keluarga diluar tidak masuk saja kedalam tribun PKM. Jadinya ya berkerumun dan mengakibatkan kemacetan,” ungkapnya.

Senada dengan Ali, Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum (IH), Tandi Nawang mengatakan jalanan pada saat wisuda menyebabkan kemacetan. Ia menyebutkan dampaknya bukan hanya merugikan mahasiswa, namun seluruh pihak yang hendak melakukan aktivitas di area kampus.

“Bukan hanya merugikan diri saya saja, tapi seluruh pihak yang mau melakukan aktivitas di area kampus. Mungkin ini faktor keamanan dari pihak bertugas atau satpam yang kurang maksimal,” ucapnya.

Tandi berharap agar jalan yang kosong seperti di belakang gedung PKM dapat digunakan semestinya. Ia memohon kepada satpam agar benar-benar menjaga dan melarang siapapun parkir di pinggir jalan.

Reporter: Alfaridzi Yofan Baihaqi**, Annisatul Fathonah

Editor: Rindi Ariska

Foto: Annisatul Fathonah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.