Perangkat Jaringan Alami Gangguan, Antrean Membludak di Seluruh TPS

gagasan-online.com-Seluruh perangkat jaringan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) kampus II UIN Suska Panam alami gangguan jaringan. Menurut resepsionis di Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD), ini disebabkan hujan lebat beberapa hari terakhir. Akibatnya antrean mengular di setiap TPS, Senin (28/11/2016).
Selain itu, sempat terjadi pemadaman listrik sebanyak dua kali pagi ini. Akibatnya pemilihan sempat tertunda beberapa menit. Ketika listrik padam, tak disediakan genset oleh pihak penyelenggara.
Atas kejadian ini, pihak PTIPD langsung memeriksa ke tiap TPS.  Pantauan gagasan-online.com antrean semakin membludak di sejumlah TPS namun jaringan tak kunjung membaik. Wakil Rektor III Tohirin dan Kepala Biro Akademik Kafrina juga sempat memantau sejumlah TPS.
Sejumlah mahasiswa menilai persiapan PTIPD kurang maksimal dalam penerapan e-voting ini. Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, Muhammad Rizki Dua Putra menilai PTIPD kurang pesiapan untuk mengantisipasi masalah jaringan. “Bagusnya dilakukan secara manual daripada banyak mahasiswa mengantre,” ujarnya kesal.
Firda, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) mengaku kesal karena sudah mengantre sejam lebih. “Ini kayaknya belum efektif. Mungkin karena perdana (penerapan e-vote). Lumayan kesal sih,” katanya.
Selain mengeluh soal jaringan bermasalah, mahasiswa FTK lainnya, Annisa berpedapat, jumlah TPS yang hanya satu di fakutlas tersebut menyebabkan antrean panjang. Menurutnya, seharusnya di FTK disediakan lebih dari satu TPS karena jumlah mahasiswa FTK lebih banyak dibanding fakultas lain. “Kalau cuman satu TPS agak susah, mahasiswa Fakultas Tarbiyah banyak. Partisipasi mahasiswa tinggi tapi fasilitasnya tidak mencukupi.”
Tim Liputan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.