Fesmed AJI 2016 Fokus Pada Isu Asap

gagasan-online.com : Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru merangkul pers kampus dan media dalam menyukseskan iven Festival Media (Fesmed) AJI 2016 di Pekanbaru. Fesmed kali ini mengangkat tema “Media Cerdas Lestarikan Bumi”.

Dalam rapat panitia di Sekretariat Bahana Mahasiswa, kampus UR Gobah yang dihadiri Forum Pers Mahasiswa Riau dan jurnalis, Ketua Panitia Fesmed, Eko Faizin menjelaskan alasan mengusung tema lingkungan karena risih dengan musibah asap berkepanjangan di Riau.

Selama ini Riau selalu menjadi sorotan dalam masalah kebakaran lahan dan hutan. Menurut Eko hal itu karena kondisi lingkungan Riau semakin tercemar setiap tahunnya namun belum ada solusi konkret.

“Biar masyarakat sadar menjaga lingkungan itu penting,” ujarnya, Sabtu (08/10/2016).

Kelestarian lingkungan yang bebas dari asap, Eko informasikan menjadi fokus AJI dalam menjaga lingkungan dengan mengajak masyarakat peduli masalah ini.

Eko mengimbau masyarakat agar bersama-sama memelihara lingkungan untuk mengurangi bencana asap di Riau yang sudah berlangsung 19 tahun berturut-turut. “Kelestarian lingkungan itu penting. Masalah asap sebabkan lingkungan rusak,” ucapnya.

Selain imbauan merawat lingkungan, dia jelaskan iven tahunan ini juga menjadi ajang menjalin silaturahmi antar anggota AJI seluruh Indonesia. Fesmed ke lima yang merupakan rangkaian ulang tahun ke 22 AJI ini adalah kali pertama dilaksanakan di luar pulau Jawa.

Panitia menargetkan lima ribu peserta pada Fesmed AJI 2016. “Fesmed ini free. Semua kalangan bisa ikut. Acaranya 19 dan 20 November di Gedung Pustaka Wilayah,” jelasnya.

Sementara itu, Agus Alfinanda sebagai panitia berharap masyarakat antusias mengikuti kegiatan lomba dan workshop yang akan digelar selama dua hari. “Masyarakat Pekanbaru harus bangga bisa menjadi tuan rumah Fesmed AJI 2016,” ujarnya.

Workshop yang akan digelar seperti membuat video dengan smartphone, cari uang di internet, entrepeneurship media lokal, meliput bencana dan acara-acara menarik lainnya.

Dengan mengundang pemateri yang sudah berpengalaman di bidangnya, antara lain Dandhy Dwi Laksono, Aiman Witjaksono, Muhammad Arif  dan Christian Sugiono. Selain itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar rencananya akan membuka acara ini.

Penulis : Ferdy One Effendi Hsb

www.gagasan-online.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.