[Opini] Dema-U, Organisasi Sentral Yang Hilang: Suara Mahasiswa Terabaikan

Penulis: Dicky Kurniawan

Dewan Eksekutif Mahasiswa Universitas atau Dema-U, merupakan salah satu elemen penting dalam dinamika kehidupan kampus. Organisasi ini seharusnya menjadi garda terdepan yang memperjuangkan setiap tuntutan dan aspirasi mahasiswa, mengembangkan potensi mereka, serta mengawasi kebijakan-kebijakan kampus yang berdampak langsung pada kesejahteraan civitas akademika.

Sayangnya, di sejumlah kampus memperlihatkan kinerja Dema-U yang tidak aktif dan tidak optimal dalam menjalankan fungsinya. Hal ini memiliki berbagai dampak negatif, salah satunya adalah suara mahasiswa yang tidak tersalurkan. Seperti namanya, fungsi utama Dema-U adalah sebagai wakil dan penyambung suara mahasiswa di depan pihak rektorat. Dengan kata lain, tanpa aktifnya Dewan Eksekutif Mahasiswa, rektorat tidak akan memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang sebenarnya menjadi masalah dan tuntutan mahasiswa.

Ketidakaktifan Dema-U dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi karena kurangnya koordinasi antar anggota, lemahnya kepemimpinan, ataupun minimnya dukungan dari pihak universitas. Namun, faktor-faktor tersebut tidak bisa dijadikan pembenaran atas ketidakaktifan Dema-U. Perlu adanya evaluasi menyeluruh dan langkah-langkah perbaikan yang pasti.

Jika suatu universitas tidak memiliki badan atau dewan eksekutif, berarti tidak memiliki struktur formal yang mewakili mahasiswa dalam berbagai aspek kehidupan kampus. Akibatnya, aspirasi dan hak-hak mahasiswa tidak memiliki wadah yang jelas untuk diperjuangkan. Mahasiswa mungkin merasa tidak memiliki tempat untuk menyampaikan keluhan atau usulan mereka secara terorganisir dan terstruktur.

Untuk mengatasi masalah ini, mahasiswa dan pihak universitas perlu berkolaborasi dalam membentuk kembali atau mendirikan Dema-U yang aktif dan berjalan dengan semestinya. Proses ini bisa dimulai dengan inisiatif dari mahasiswa terutama Sema atau Dema setiap fakultas untuk membentuk organisasi tersebut, didukung oleh pihak universitas yang menyediakan fasilitas dan sumber daya yang diperlukan. Dukungan dari alumni yang pernah aktif di Dema-U atau organisasi mahasiswa lainnya juga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa saat ini.

Editor: Manda Arsita

Foto: Dok. Pelantikan Akbar Ormawa Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.