Bawaslu Riau Ingatkan Pentingnya Pengawasan Pemilu di Hadapan Seluruh Caleg PKB se-Riau

Gagasanonline.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau menjadi salah satu narasumber dalam rapat konsolidasi dan orientasi caleg Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) se-Riau. Sabtu (2/12/2023). Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal mengingatkan kepada para caleg PKB se-Riau tentang pentingnya pengawasan Pemilu.

“Bawaslu itu hadir untuk memastikan bahwa Pemilu itu berjalan adil dan terkontrol sesuai dengan aturan hukum Pemilu,” kata Alnof.

“Bawaslu itu bukan sebagai pengganggu bagi para caleg dalam melaksanakan atifitasnya,” tambah pria yang berkarir dari profesi wartawan ini.

Dikatakan Alnof, dalam melakukan pengawasan Pemilu, Bawaslu memiliki beberapa cara. Diantaranya, dengan pengawasan langsung, pencegahan potensi pelanggaran, menindak pelanggaran pemilu dan menyelesaikan sengketa pemilu.

“Bawaslu kali ini lebih mengedepankan upaya pencegahan sebagai garda terdepannya. Dan juga sekaligus memperkuat penindakan jika memang pencegahan tidak diindahkan oleh pihak yang dicegah,” tegasnya.

Selain itu, Alnof juga mengingatkan kepada para caleg PKB se-Riau untuk tidak melakukan praktik money politik dalam aktifitasnya.

“Aktifitas atau praktik money politik itu punya akibat atau sanksi pidana. Karenanya kita ingatkan para caleg untuk tidak mempraktekkannya semasa pemilu ini,” ucap Alnof.

Selain Alnofrizal, pada kesempatan yang sama, anggota KPU Riau Nugroho Notosusanto juga memberikan materi. Pria yang akrab disapa Nugi ini memberikan penjelasan tentang aturan kampanye Pemilu 2024.(Rilis)

Editor: Annisatul Fathonah
Foto: dock Bawaslu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.