Mahasiswa KKN UIN Suska Kecamatan Merbau Turut Serta Menanam Bibit Pohon Mangrove

Penulis: Sefrizel Rahayu

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Suska Riau melakukan penanaman bibit pohon di wisata mangrove, Sungai Merambai, Kecamtan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus di Kelurahan Teluk Belitung taman wisata mangrove, pada Senin (15/08/2022).

Kegiatan ini biasa dilakukan setiap tahunnya, untuk tahun 2022, baru dilakukan tiga kali penanaman. Adapun jenis pohon yang ditanam yaitu pohon bakau (Rhizophora) dan api-api (Avicennia) dengan jumlah 500 bibit.

Ketua tim Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai, Zulfahren mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menurunkan tingkat abrasi, menjaga lingkungan termasuk kelangsungan hidup habitat-habitat laut, sebagai bentuk wujud kepedulian dalam melestarikan lingkungan alam.

“Kegiatan ini lebih difokuskan untuk menurunkan tingkat abrasi di tempat wisata mangrove, Sungai Merambai,” kata Zulfahren, saat diwawancarai via WhatsApp pada Rabu (24/08/2022).

Ia mengungkapkan tingkat keberhasilan untuk penanaman bibit pohon mangrove ini susah- susah gampang. Misalnya ketika menanam 100 bibit, yang tumbuh bisa mencapai lima puluh persen atau enam puluh persen, dan bisa hanya tiga puluh persen. Kesulitan lainnya juga bisa diakibatkan ketika gelombang tinggi, di mana penanamannya harus ekstra.

“Tingkat keberhasilannya ini tergantung iklim dan geografis penanamannya, tapi karena sudah tahu metode penanaman jadi tingkat keberhasilannya sekitar tujuh puluh persen,” jelasnya.

Zulfahren berharap, dengan kegiatan ini kedepannya kelompok kami semakin bersemangat dalam menangani masalah abrasi dan pelstarian lingkungan khususnya mangrove.

“Semoga masyarakat serta elemen pemerintah dapat terus berkolaborasi dalam menanggulangi masalah lingkungan khususnya di Kecamatan Merbau,” harapnya.

Ketua tim KKN UIN Suska Riau Kecamatan Merbau, Syarif Hidayahtullah, mengatakan bahwa ia sangat senang ikut berpartisipasi dalam penanaman bibit pohon di tempat wisata mangrove Sungai Merambai. Apalagi sebagai mahasiswa tentunya kita bangga ikut membantu untuk melestarikan lingkungan alam sekitar.

“Harapan untuk ke depannya yaitu lingkungannya bisa terjaga, dan proses abrasi tanah menjadi berkurang,” tutupnya. 

 

Reporter : Sefrizel Rahayu
Editor      : Wilda Hasanah 
Foto         : Tomi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.