Kembali Laksanakan Wisuda Secara Luring, Wisudawan-Wisudawati Rayakan Tanpa Disaksikan Orangtua

Penulis: Annisatul Fathonah

Gagagasanonline.com– Sidang Senat Terbuka Universitas dalam Wisuda Program Magister ke-67 Program Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D3) Ke-87 periode V tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau, Rabu (6/7/2022).

Ini merupakan wisuda luring ke-dua di masa pandemi, di mana sebelumnya pelaksanaan wisuda hanya dilakukan secara daring. Hal ini, tentunya membuat Wisudawan dan Wisudawati antusias dan bahagia.

Wisudawati Fakultas Psikologi, Triska Gustiwi mengungkapkan rasa bahagianya, meskipun harus menunggu cukup lama sejak validasi dilakukan.  Meskipun begitu, hal tersebut tidak begitu dipermasalahkan, karena sebelum wisuda ijazah sudah diberikan.

Namun, ia juga merasakan sedih dan kecewa karena wisuda yang sudah lama ditunggu tanpa kehadiran orangtua di dalamnya.

“Bagian tersedih dan kecewanya itu dibagian tidak bisa membawa orangtua masuk kedalam karena orangtua tidak dapat hadir, dan ketika pembacaan, nama  Orangtua dan gelar tidak disebutkan,” tuturnya.

Senada dengan Trista, Wisudawan Fakultas Sains dan Teknologi, Ilham Saputra  mengatakan bahagia karena akhirnya dapat mengenakan pakaian wisuda. Sehingga orangtuanya dapat melihat hasil perjuangan yang telah dicapainya selama ini, walaupun ada rasa sedih dan kecewa pada prosesi wisuda orang tua tidak dapat masuk ke dalam gedung.

“Agak sedikit kecewa berharap ketika wisuda ini, prosesi  pemindahan tali toga dan  pengambilan ijazah, orangtua dapat melihat dan menyaksikannya,” ungkapnya.

Uup Sikumbang  dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, mengatakan ia pada pelaksanaan wisudanya yang telah ditunggu kurang lebih setahun, ia tidak merasakan antusias.  Terlebih lagi pelaksanaannya tanpa dihadiri orang tua, selain itu gelar dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang didapat tidak disebutkan.

“Karena sudah menunggu setahun perasaannya tidak terlalu begitu meriah, dan Sedih tanpa  dihadiri orangtua apalagi tadi tidak disebutkan gelar dan IPK nya. Tadi, cuma pemuncak saja yang disebutkan,” ucapnya.

Reporter : Amrina Rosida, Annisatul Fathonah
Editor     :  Wilda Hasanah
Foto         : Annisatul Fathonah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.