UIN Suska Riau Jalin Kerja Sama dengan SPS

Penulis: Hendrik Khoirul Muhid

Gagasanonline.com – UIN Suska Riau jalin kerja sama dengan Serikat Perusahaan Pers (SPS) cabang Riau. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut  berisi kerja sama menyangkut bidang pendidikan, pelatihan jurnalistik dan kehumasan, olahraga dan keagamaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut ditandatangani pada Selasa, 2 November 2021 di Ruang Rapat Pimpinan Lt. 4 Gedung Rektorat.

Selain bidang pendidikan, kerja sama juga meliputi publikasi dan promosi di Media Anggota SPS Cabang Riau, sementara bidang lain yang disepakati para pihak. Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu 4 diperpanjang sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Rektor Hairunnas Rajab seusai penandatanganan MoU, mengatakan, untuk menuju kampus digital yang terbilang dan gemilang, UIN Suska Riau membutuhkan media penyebaran yang cepat. Banyak harapan yang ditumpukan dengan jalinan kerja sama ini. “Karena kita tahu masih ada kelemahan-kelemahan di sisi pemberitaan kita, maksud dan tujuan kita tidak selalu sama dipahami masyarakat. Orang senang mendengar berita UIN, tapi ada juga yang tak senang,” katanya.

Oleh karena itu, kata Hairunas, kerja sama dengan SPS diharapkan dapat mengubah citra UIN Suska Riau menjadi lebih baik dengan pemberitaan yang positif tentang UIN Suska Riau. Sehingga masyarakat mengenal bahwa UIN Suska Riau bukan merangkak maju, tetapi sudah mencapai kegemilangan. Melalui kerja sama ini, SPS diharapkan dapat membagi ilmu untuk humas UIN Suska Riau mengelola media di kampus.

“Saya juga berharap agar teman-teman di SPS setelah penandatanganan MoU ini bisa memberikan ruang kepada beberapa media, ada media nasional, agar memberitakan hal-hal terkait prestasi mahasiswa dan keluarga besar UIN Suska Riau,” katanya.

Ketua SPS Cabang Riau Khairul Amin mengatakan, dewasa ini menurutnya pemberitaan tak melulu soal bad news is good news atau berita buruk adalah berita baik, “Hari ini di media menggunakan sistem good news is a good news. Saya ingin image UIN yang tak baik, muncul yang baik lagi di tangan pak rektor sekarang. Itulah keinginan kami, menggandeng UIN dan membantu menggapai kemajuan, karena ini kebanggaan kita, Universitas Islam Negeri di Riau,” katanya, saat usai penandatanganan MoU tersebut.

Dengan adanya kerja sama ini, kata Khairul, pihaknya mengajak pihak UIN Suska Riau untuk menjalin komunikasi. “Kalau ada komunikasi yang bagus rasanya tak ada persoalan. Bukan karena sudah bermitra maka beritanya yang baik-baik saja, tentu tidak, karena berita yg tak baik pun bisa membuat jadi baik,” pungkasnya.

Reporter: Wulan Rahma Fanni, Tika Ayu
Editor: Wulan Rahma Fanni
Foto: Dok. Gagasan/Wulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.