Novri Pahru Ramadhan, Mahasiswa UIN Suska Riau Raih Medali Perak Cabor Renang PEPARNAS XVI Papua 2021

Novri Pahru Ramadhan, Mahasiswa UIN Suska Riau Raih Medali Perak Cabor Renang PEPARNAS XVI Papua 2021

Penulis : Iswatun Hasanah

Gagasanonline.com – Novri Pahru Ramadhan mahasiswa Manajemen UIN Suska Riau, berhasil meraih medali perak cabang olahraga renang gaya dada dengan catatan waktu 40,22 detik dalam Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Papua 2021. Ajang ini diperuntukkan bagi atlet penyandang disabilitas Indonesia, yang diselengarakan dari 2 November hingga 15 November 2021.

Novri mengatakan, sebelum mengikuti PEPARNAS 2021, ia pernah juga mengikuti ajang PEPARNAS pada tahun 2017 tingkat pelajar di Solo, Jawa Tengah.

“Awalnya di tahun 2017 ikut PEPARNAS tingkat pelajar di Solo Jawa Tengah,” ungkap Novri.

Persiapan sebelum mengikuti ajang PEPARNAS XVI 2021 di Papua, Novri mengikuti seleksi terlebih dulu, yakni tanggal 5 Juli 2021. Kemudian namanya terpilih untuk mengikuti pelatihan di provinsi.

“Sebelum mengikuti ajang PEPARNAS ini, sebelumnya saya mengikuti seleksi dulu di tanggal 5 Juli 2021. dan alhamdulillah hasil seleksi itu saya terpanggil mengikuti pelatihan provinsi untuk persiapan PEPARNAS ini,” ungkap Novri, melalui pesan Whatshaap (15/11/2021).

Setelah dinyatakan lolos selekesi, selanjutnya Novri mengikuti pelatihan di provinsi untuk persiapan PEPARNAS di Papua. Adapun pelatihan dilakukan secara rutin selama 3 bulan penuh.

“Persiapan atau TC nya berjalan selama 3 bulan, saya latihan dengan rutin pagi,siang dan sore setiap harinya selama 3 bulan penuh untuk mempersiapkan ajang PEPARNAS ini” kata novri menjelaskan.

Dalam perlombaan ini, Novri mengatakan, ia masuk kategori Tuna Daksa (cacat dibagian kaki sejak lahir).

“Saya termasuk kondisi fisik, tuna daksa. cacat dibagian kaki sejak lahir,” kata Novri.

Sebelum mengikuti ajang perlombaan ini, Novri menjelaskan, ia merasa tidak percaya diri dengan keadaan dirinya. ia selalu menghindar dari teman-temannya dikarenakan kondisi fisiknya. Namun, setelah ia menyadari bahwa setiap orang yang mempunyai keterbatasan dibalik itu ada kelebihan yang dimiliki. Setelah menyadari kelebihannya, Novri mencoba berdamai dengan keadaan dirinya dan mulai mencoba tidak menghidar dari teman-temannya.

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka, Jabatan Dekan Fisip Syafri Harto Belum Dicopot

“Sebelumnya saya pribadi selalu menghindar dari teman-teman gitu karena melihat kondisi fisik saya. saya merasa tidak percaya diri. tapi alhamdulillah, sekarang saya mencoba tidak menghindar dan saya mencoba berdamai dengan keadaan. karena setiap orang dengan adanya keterbatsan pasti ada kelebihannya juga,” terang Novri.

Kedepannya, Novri berharap bisa meningkatkan prestasinya terebut, dengan meraih emas pada PEPARNAS XVII 2024 mendatang. Untuk itu, ia pun berpesan agar pihak kampus bisa memperhatikan dan mendukung mahasiswa berprestasi seperti dirinya.

“Saya berharap bisa berprestasi di renang ini, dan bisa membuat keluarga bangga. Semoga kampus bisa mendukung prestasi saya dan diberikan dispensasi oleh pihak kampus,” tandas Novri.

Reporter : Iswatun Hasanah, Annisatul Fathonah
Editor: Kakak Indra Purnama
Foto : Dok Novri Pahru Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.