Kamu Yang Sedang Depresi

Penulis : Sri Wulandari

Hidup itu dipenuhi dengan kebahagiaan dan kesedihan. Namun tidak selamanya hidup itu selalu bahagia, bahkan ada beberapa pengalaman membuat kita jatuh pada titik perasaan sedih. Seperti seluruh mengalami stres, penolakan, kegagalan, pengucilan, bahkan kehilangan seseorang.

Sangat normal jika semua peristiwa itu kita rasakan dari waktu ke waktu. Tapi, sampai kapan kita berada pada gangguan suasana hati (mood) yang selalu ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam? Pada akhirnya kita sendirilah yang bisa mengatasi masalah hidup. Dengan melakukan berbagai cara yang unik untuk tidak terus menerus berada pada gangguan depresi, yang ujungnya akan membawa dampak buruk pada diri kita.

Nah, tahukah kamu Depresi itu apa?  Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan kesedihan, merasa putus asa, tidak berguna, rasa tidak peduli, dan kehilangan gairah hidup. Dan tentunya Semua orang pasti merasakannya. dan akan dinyatakan depresi jika sudah mengalami selama 2 minggu.

Baca juga : Manfaat Self-Love Bagi Kesehatan Mental

Jika kamu merasa depresi menghampirimu, maka hal-hal berikut ini mungkin akan mampu membantumu untuk mencegah kehadirannya.

  1. Bicarakan perasaanmu pada seseorang yang kamu percayai
  2. Carilah pertolongan professional
  3. Tetaplah melakukan aktifitas yang kamu senangi atau temukan aktifitas lain sebagai alternatif
  4. Tetaplah berhubungan dengan keluarga dan teman-teman
  5. Jangan menutupi diri
  6. Makan teratur dan tidur yang cukup
  7. Olahraga secara teratur, meskipun hanya jalan kaki

Jika depresi menghampirimu, bukan berarti kamu harus menerimanya begitu saja, teruslah bangun dan berjuang untuk melawannya. Dengan  Penanganan yang sehat memungkinkan kamu untuk membuang rasa kesedihan dan membawa kesenangan dalam hidup mu. Ketika kamu merasa mengalami masalah kesehatan mental, maka tidak ada alasan untuk merasa malu. Bicaralah pada seseorang yang kamu percaya. Dan yang terpenting adalah kamu tidak perlu takut. Kamu tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan. Sebab tidak ada yang hebat dalam penderitaan, dan tidak ada yang memalukan dalam meminta bantuan.

Editor : Khumar Mahendra
Sumber Foto : Pixabay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.