HIVE Riau Lakukan Penggalangan Dana untuk Korban Banjir

Penulis : Ayu Safitri

Human Initiative dalam Human Initiative Volunteer Energy (HIVE) Riau menggalang aksi kolaborasi peduli banjir Nasional untuk daerah terdampak banjir seperti, Dumai, Nusa Tenggara Timur dan Malang. Kegiatan tersebut diadakan dari tanggal 11 – 14 November 2021.

Faiz Haritsah selaku Ketua pelaksanaan penggalangan dana ini menyebutkan tujuan dari kegiatan ini diadakan karena melihat besarnya dampak masyarakat pinggiran perairan terhadap banjir yang terjadi di daerahnya masing-masing.

“Latar belakang kegiatan ini karena adanya bencana di berbagai daerah, terutama kota Batu, Jawa Timur dan dampaknya sangat besar terhadap warga. Terutama di tepian sungai. Oleh sebab itu kami, HIVE Riau berinisiatif juga menggalang dana dalam bentuk uang,” jelasnya saat diwawancarai di Simpang Tabek, Panam.

Aksi galdan ini merupakan bentuk kolaborasi yang diusung oleh Human Initiative (HI) dengan berbagai organisasi yang ada di Riau,seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) dan 32 organisasi lainnya.

Baca juga : Ikatan Keluarga Pasaman-Pasaman Barat Kukuhkan Dua Mahasiswa UIN Suska Riau pada Pelantikan Pengurus Baru

Sebelumnya HI Riau juga sudah pernah menggalang dana untuk banjir nasional dengan melibatkan berbagai organisasi dan lembaga di Riau. Faiz mengatakan kurangnya anggota untuk kegiatan penggalangan dana ini menjadi alasan dari banyaknya organisasi yang bergabung.

“Kami membutuhkan tenaga dari berbagai organisasi, karena dari HI sendiri kan masih agak kurang dari Sumber Daya Manusia (SDM) nya” tambahnya.

Faiz Haritsah juga menambahkan tujuan dari penggalangan dana ini juga karena proses distribusinya yang mudah. Selain itu ia juga menerangkan kebutuhan masyarakat lebih kepada dana dibandingkan dengan bantuan berupa barang bekas yang masih layak pakai.

“Saat evaluasi pada beberapa daerah yang terkena bencana, sumbangan barang-barang itu malah tidak terpakai. Jadi lebih baik uang saja biar langsung dibeli barang yang dibutuhkan” tuturnya.

Baca juga : Dema Psikologi Open Donasi Perbaikan Fasilitas Pondok Pesantren Al-Azhar Ad-Dauly

Hasil dari aksi penggalangan dana ini nantinya akan diteruskan HI pusat yang berada di Jakarta kemudian akan diteruskan ke daerah-daerah yang terdampak bencana.
Faiz berharap HIVE dapat terus menjadi wadah untuk terus membantu dan dapat berkoordinasi dengan organisasi lainnya di kampus.

“Semoga bencananya tidak ada terjadi lagi, dan apabila terjadi kami HIVE bakal siap berkontribusi dalam bentuk dana dan tentu saja berkolaborasi dengan organisasi-organisasi kampus,” tutupnya.

Ada beberapa titik lokasi dalam kegiatan ini yaitu, Stadion Utama Panam, Simpang Tiga Tabek Gadang, Simpang Empat Pasar Pagi Arengka, Simpang Empat SKA, Simpang Empat Durian, Simpang Tiga Arifin, Simpang Empat Harapan Raya, Simpang Empat Politeknik, Simpang Tiga, Simpang Tiga Nangka, Simpang Tiga Kantor Tugu Zapin, Simpang Tiga Tugu Perjuangan Rakyat, Simpang Tiga Hawai.

Reporter: Annisatul Fathonah
Editor : Annisa Firdausi
Sumber foto: Dok.HIVE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.