Forkommasi PMI Wilayah I Sumatera Gelar Rakerwil Bersama Mahasiswa PMI Se-Sumatera

Penulis: Windi Astuti*

Gagasanonline.com – Dalam rangka upaya menciptakan sinergi perubahan dan pembaharuan Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Se-Sumatera, Forum Komunikasi Mahasiswa (Forkommasi) PMI Wilayah I Sumatera menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil). Kegiatan bertemakan Sinergitas Pemberdaya Muda dalam Menghadapi Problematika Era Society 5.0 ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Dr. Imron Rosidi pada Sabtu 6 November 2021.

Bertempat di gedung teater FDK, acara tersebut dilaksanakan secara luring dan daring yang dihadiri oleh ketua jurusan dan sekretaris jurusan PMI UIN Suska Riau dan PMI Se-Sumatera. Turut pula bergabung peserta dan tamu undangan yakni Mahasiswa PMI yang berada di seluruh daerah Sumatera.

Baca juga: Dema Psikologi Open Donasi Perbaikan Fasilitas Pondok Pesantren Al-Azhar Ad-Dauly

Ketua umum Forkommasi PW Sumatera, Defriandy Nugroho mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyusun program dan sebagai ajang silaturahmi antar sesama Mahasiswa PMI Se-Sumatera.  “Momentum ini juga menyatukan komitmen untuk bersama-sama menciptakan sinergitas demi perubahan dan pembaharuan Forkommasi Wilayah I Sumatera dari Sumatera untuk Indonesia,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan dalam waktu dekat mereka akan mencoba kembali membangun komunikasi dan koordinasi bersama Mahasiswa PMI yang berada di daerah dan nasional. “Selanjutnya akan membangun ruang diskusi dan konsolidasi bersama mahasiswa dan dosen Pengembangan Masyarakat Islam,” katanya.

Defriandy juga menambahkan dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi momentum terciptanya ruang-ruang perubahan dan sebagai pelopor kebangkitan bagi Mahasiswa PMI dan Forkommasi itu sendiri. “Sehingga kehadiran dan kebermanfaatan keilmuan perberdayaan itu bisa dirasakan dan didapatkan oleh manusia lain yang intinya semua berawal dari Sumatera untuk Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Dema FSH Ikuti Kegiatan Kongres Pertama Dema Fakultas Syariah se-Indonesia

Guna memberikan  wawasan dalam menciptakan perubahan, acara ini juga dihadiri oleh para narasumber. Salah satunya Ketua Perkumpulan PMI, Rosita Tandus yang membahas tentang pemberdayaan dan pembangunan bagaimana mahasiswa bukan lagi menjadi penonton di daerahnya. Namun, harus mengambil peran dalam menciptakan perubahan dengan ilmu yang dimiliki.  Hendry Munief selaku Ketua Forum Bisnis Riau yang merupakan narasumber kedua membahas tentang bagaimana menumbuhkan jiwa-jiwa pengusaha muda dikalangan mahasiswa karena mahasiswa sebagai pemberdaya dan menjadi tonggak dalam membangun dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak.

Baca juga: Lewat Panggung Kemanusiaan, HIMATE UIN Suska Riau Galang Dana untuk Korban Banjir

Kedepannya, Faiz Al Fauri selaku Ketua Pelaksana berharap Jurusan PMI tetap dapat memberi kebermanfaatan, dan eksis didengar dan dikenal di lingkungan mahasiswa serta masyarakat sehingga menjadi jurusan yang peka akan perubahan bangsa dan negara.

Reporter: Windi Astuti*
Editor: Puspita Amanda Sari
Foto: Dok. Defriandy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.