Aksi Baksos Tikungan, Bentuk Kontribusi Pramuka UIN Suska kepada Masyarakat

Reporter: Annisa*
 
Gagasanonline.com-Bakti Sosial dan Bakti Lingkungan (Baksos Tikungan) yang diadakan Pramuka UIN Suska berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12, 13, dan 14 November 2021.  Kegiatan dibuka oleh Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.Kons. selaku WD III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan delapan orang pembina Pramuka. kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Bakti Sosial dan Lingkungan oleh anggota Pramuka UIN Suska.
 
Aksi Baksos Tikungan ini diadakan sebagai bentuk kontribusi anggota Pramuka UIN Suska kepada masyarakat.
 
“Bakti sosial  ini diadakan agar warga Pramuka UIN tau ada kontribusi ke masyarakat” jelas Rizki Rahmadhani sekretaris kegiatan Baksos Tikungan saat acara pembukaan  di Bumi Perkemahan (Buper), Jumat (12/11/2021).
 
Aktivitas ini merupakan langkah Pramuka UIN Suska sebagai dokumentasi dari kegiatan perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PWPTK) ke XV yang sudah diselenggarakan di Palembang.
 
Rangkaian kegiatan Baksos Tikungan  didedikasikan dengan memberi bantuan konsumsi kepada masyarakat yang membutuhkan, dan Panti Asuhan Annisa yang ada di Pekanbaru.
 
“Sasaran bantuan bakti sosial itu seperti pengamen, penyapu jalanan, tukang parkir dan kira-kira orang yang membutuhkan bantuan konsumsi gitu” tutur Rizki.
 
Selain itu, Ridho Delvino Ilham selaku ketua pelaksana kegiatan menambahkan tujuan dari pemberian bantuan ini kepada panti asuhan sebagai wujud rasa ingin berbagi, dan kemanusiaan dari anggota Pramuka. Ia juga menjelaskan anggota Pramuka UIN Suska sudah menyediakan 130 kotak makanan untuk dibagikan kepada masyarakat di jalan dan  dalam kegiatan bakti sosial.
 
 
Sedangkan untuk kegiatan bakti lingkungan, Rizki menjelaskan anggota Pramuka UIN Suska berupa kegiatan membersihkan pekarangan kampus, Buper, pembuatan taman di sanggar Pramuka UIN Suska serta pemasangan 10 slogan kebersihan di area kampus. Pihak Pramuka UIN Suska juga mempersiapkan 50 bibit pohon yang menghasilkan buah, seperti nangka dan matoa untuk ditanam di Buper.
 
Dalam kegiatan bakti lingkungan yang diadakan pada hari Sabtu Rizki berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan, sehingga fasilitas umum dapat terjaga kebersihannya.
 
“Harapannya kegiatan Pramuka tuh lebih ditingkatkan lagi mengenai lingkungan di sekitar bumi perkemahan ini, untuk menjaga kebersihan jugakan di bumi perkemahan ini” tutupnya, Sabtu (13/11/2021).
 
Penulis: Ayu Safitri*
Editor: Lia Resti Andani
Foto: Gagasan/Dok. Rizki Rahmadhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.